Penyebab dan Cara Mengatasi Gatal pada Selangkangan

Penyebab

Penyebab dan cara mengatasi gatal pada selangkangan - Rasa gatal merupakan problem kulit yang sangat mengganggu sekali, apalagi jikalau problem gatal tersebut bersumber dari selangkangan. Dan apesnya jikalau rasa gatal pada selangkangan tersebut tiba-tiba datang ketika anda sedang berada ditempat umum tentu saja itu malah semakin membuat anda tersiksa sekali bukan, karena sungguh sangat tidak pantas sekali jikalau anda terpaksa untuk menggaruknya.

Selain mengakibatkan rasa gatal yang sangat menggangu, problem kulit gatal pada selangkangan ini juga dapat berimbas kepada problem kulit lainnya misalnya saja kulit selangkangan menjadi memerah, perih, mengelupas, lecet dan lama kelamaan akan menghitam.

Masalah gatal pada kulit selangkangan ini juga dapat menyerang siapa saja baik pria maupun wanita, oleh karena itulah anda harus selalu waspada karena selain menjengkelkan problem gatal pada kulit selangkangan juga tergolong penyakit kulit yang sangat sulit sekali untuk dihilangkan.

Cara yang paling sempurna untuk mengatasi problem gatal pada selangkangan yakni dengan mengetahui penyebabnya. Oleh karena itulah jikalau anda mengalami problem gatal pada selangkangan, ketahui terlebih dahulu apa penyebab gatal pada selangkangan yang sedang anda alami gres kemudian melaksanakan penanganan lebih lanjut.

Penyebab gatal pada selangkangan

Penyebab gatal pada selangkangan biasanya dikarenakan oleh berbagai faktor misalnya saja faktor kurangnya kebersihan diri, benjol bakteri, intertrigo, reaksi alergi, scabies dan lainnya.

Kurangnya kebersihan diri 

Ini merupakan problem klasik yang dapat mengakibatkan gatal pada selangkangan yaitu kurangnya kebersihan diri sendiri, misalnya jarang mandi sehabis beraktifitas, jarang mencuci celana, jarang mencuci celana dalam, dan lain-lain sehingga membuat kuman dan basil mudah bersarang pada area kulit yang kotor terutama pada kawasan selangkangan.

Infeksi jamur

Masalah gatal bisanya sering disebabkan oleh benjol jamur pada selangkangan karena selangkangan merupakan kawasan episode tubuh dengan tingkat kelembapan yang tinggi sehingga jamur dapat berkembang biak dengan cepat, 

Masalah benjol jamur ini merupakan penyebab rasa gatal pada selangkangan yang paling sering terjadi, dalam dunia medis benjol jamur yang menyebabkan rasa gatal pada selangkangan ini disebut dengan tinea cruris .

Terlebih lagi jikalau anda mengalami obesitas dan berlebihnya berat badan, resiko terkena problem gatal pada selangkangan yang disebabkan oleh benjol jamur ini cukup tinggi, karena kelembapan pada selangkangan orang-orang yang mengalami obesitas cenderung tidak terkontrol.

Infeksi bakteri

Selain benjol jamur gatal pada selangkangan juga dapat disebabkan oleh berkembang biaknya basil pada kulit selangkangan anda, biasanya basil mudah berkembang biak pada selangkangan disebabkan oleh kurangnya kebersihan pada diri seseorang sehingga keringat bercampur kotoran pada tubuh turun kebawah dan mengendap pada area selangkangan.

Gatal pada selangkangan karena benjol bekteri ini bisanya disertai dengan kulit selangkangan menjadi kemerahan dan keluar lendir-lendir putih jikalau sudah terlalu parah.

Intertrigo

Intertrigo merupakan problem iritasi pada kulit yang terjadi khusus pada lipatan-lipatan kulit manusia, biasanya problem intertrigo ini terjadi pada area selangkangan yang disebabkan oleh gesekan-gesekan baik antara kulit maupun kulit dengan benda-benda luar, misalnya saja goresan antara kulit selangkangan ketika berjalan atau goresan antara kulit dengan pakaian ( celana ).

Selain dapat menimbukan rasa gatal yang luar biasa, problem intertrigo ini juga dapat membuat kulit mejadi iritasi, kemerahan, dan rasa terbakar pada kulit selangkangan.

Alergi

Alergi juga masuk dalam daftar penyebab timbulnya rasa gatal pada selangkangan misalnya alergi terhadap krim. salep, busa pembalut, detergen dan lainnya. Selain mengakibatkan rasa gatal alergi pada kulit selangkangan juga dapat menyebabkan kulit selangkangan menjadi ruam dan terjadi peradangan.

Scrabies

Berbeda dengan penyebab rasa gatal pada selangkangan lainnya, rasa gatal karena scrabies ini timbul disebabkan oleh kutu dengan nama sarcoptes scabei. Ini merupakan kutu yang sering menyerang episode tubuh dengan kulit tipis-tipis menyerupai di kulit perut, sela-sela jari, dan selangkangan yang ditandai dengan rasa gatal pada kulit terlebih lagi ketika malam hari.

Cara mengatasi gatal pada selangkangan

Cara mengatasi gatal pada selangkangan ini harus benar-benar anda perhatikan karena pengobatan yang sempurna terhadap rasa gatal pada selangkangan yakni dengan mengetahui penyebabnya.
  • Jika rasa gatal yang anda alami disebabkan oleh benjol jamur anda dapat menggunakan bedak atau krim anti jamur secara berkala. Sebelum melaksanakan perawatan usahakan untuk membersihkan kawasan selangkangan yang akan diobati menggunakan air bersih dan sabun.
  • Jika rasa gatal yang timbul pada selangkangan disebabkan oleh benjol basil karena kurangnya kebersihan diri, sangat disarankan sekali bagi anda untuk merubah gaya hidup anda menjadi gaya hidup yang lebih bersih, usahakan untuk mandi jikalau tubuh anda kotor setelah beraktifitas, dan jikalau rasa gatal karena basil telah terlanjur bersarang pada selangkangan anda dapat mencuci bersih kawasan selangkangan yang timbul rasa gatal dan sentra basil dengan mencucinya menggunakan air bersih dan sabun kemudian memberinya obat anti basil atau krim antibakteri yang dapat anda temukan di apotik terdekat.
  • Jika problem gatal pada selangkangan disebabkan oleh alergi pada kulit selangkangan usahakan untuk selalu menghindari bahan-bahan atau benda-benda yang dapat membuat kulit selangkangan anda menjadi alergi, dan jikalau alergi telah terlanjur menyerang kulit selangkangan anda, anda dapat membersihkan selangkangan anda menggunakan air bersih dan sabun kemudian memberikannya obat atau krim anti alergi biasanya berbentuk bubuk putih menyerupai bedak.
  • Jika problem gatal disebabkan oleh intertrigo yang membuat kulit selangkangan anda lecet dan iritasi usahakan untuk memakai pakaian yang longgar-longgar dengan materi yang lembut, jangan terlalu sering memakai celana jeans, selain itu anda juga harus memperhatikan berat tubuh karena biasanya problem gatal jawaban intertrigo ini banyak ditemukan pada orang-orang yang memiliki problem berat tubuh berlebih. Jika problem gatal karena intertrigo ini terlanjur timbul anda mampu membeli obat penghilang iritasi atau lecet di apotik terdekat.
  • Jika problem gatal pada selangkangan disebabkan oleh kutu sarcoptes scabei memang sedikit sulit untuk mengatasinya karena kutu ini dapat menular dengan berpindah tempat dan berkembang biak, namun usahakan untuk menghindari orang-orang yang sudah terkena kutu ini, tetapi jikalau anda telah terkena kutu ini anda mampu membersihkan kawasan selangkangan yang terkena kutu sarcoptes scabei ini menggunakan air bersih dan sabun kemudian mengolesinya dengan krim penghilang kutu dan kuman yang mampu anda dapatkan di apotik terdekat.

Itulah tadi artikel wacana penyebab dan cara mengatasi gatal pada selangkangan, jikalau anda merasa masih ragu terhadap rasa gatal pada selangkangan yang sedang anda alami sangat dianjurkan sekali bagi anda untuk memeriksakannya secara lebih intensif dengan dokter terkait untuk memperoleh penanganan terbaik sesuai dengan penyebab rasa gatal pada selangkangan yang anda alami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Gatal pada Selangkangan"

Post a Comment