Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri Secara Alami

Cara

Karang gigi yakni plak yang menumpuk dan mengendap pada sela-sela gigi, karang gigi biasanya berwarna kuning namun jikalau karang gigi telah menumpuk terlalu lama karang gigi yang parah biasanya berwarna kuning kehitam-hitaman.

Karang gigi sangat sulit sekali dibersihkan karena karang gigi memiliki tekstur keras ibarat gigi, mengerasnya karang gigi ini disebabkan oleh plak yang telah mengendap pada gigi bercampur dengan mineral yang dibawa oleh air liur insan yang lama kelamaan akan mengeras sehingga terciptalah karang gigi.

Mungkin sebagian orang kurang menghiraukan adanya karang gigi pada gigi mereka namun bahwasanya karang gigi ini sangat berbahaya sekali terhadap kesehatan gigi dan verbal anda.

Karang gigi dapat menjadi berbahaya terhadap kesehatan gigi dan verbal karena karang gigi merupakan rumah kawasan berkumpul dan berkembang biaknya banyak sekali macam kuman yang dapat mengganggu kesehatan gigi anda termasuk juga dapat menimbulkan wangi verbal yang tak sedap pada mulut.

Selain dapat mengganggu kesehatan gigi dan verbal karang gigi juga dapat merusak penampilan anda, bayangkan saja jikalau anda sedang berkumpul bersama teman-teman atau keluarga kemudian anda tersenyum dan terlihat gigi anda berwarna kuning kehitam-hitaman tentu saja anda akan sangat aib sekali.

Oleh alasannya yakni itulah sangat perlu sekali untuk menghilangkan karang gigi yang menempel pada gigi anda, solusi untuk menghilangkan karang gigi terbaik memang dengan mengunjungi dokter gigi namun karena faktor biaya mungkin anda enggan untuk melakukannya.

Namun anda damai saja karena kita bisa membersihkan karang gigi tersebut sendiri secara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan tradisional alami yang telah dipercaya ampuh untuk menghilangkan karang gigi secara tuntas.

Lalu bagaimana cara membersihkan karang gigi tersebut, untuk info lengkapnya silahkan anda simak dibawah ini :

Cara membersihkan karang gigi secara alami 

Cara membersihkan karang gigi bisa anda lakukan sendiri dirumah dengan memanfaatkan materi - materi tradisional alami yang dapat anda temukan dengan mudah di rumah anda ibarat minyak kelapa, baking soda, garam, kulit jeruk, teh hitam, keju, stawberry, tomat dan lain-lain.

Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa sangat baik sekali untuk membantu menghilangkan karang gigi yang mengendap pada gigi anda karena minyak kelapa tinggi asam laurat yang memiliki efek anti inflamasi dan anti mikroba.

Sebuah studi di Nigeria oleh Nigerian Medical Jurnal tahun 2015 menyampaikan bahwa minyak kelapa murni sangat efektif untuk mengurangi pembentukan plak pada gigi.
  • Siapkan 1 sendok makan minyak kelapa murni, dan buatlah kumur-kumur minyak kelapa murni tersebut selama 15 - 20 menit.
  • Kemudian muntahkan minyak kelapa tersebut dari verbal anda.
  • Dan lakukan sikat gigi ibarat biasa.
  • Lakukan cara ini setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Menggunakan baking soda dan garam

Baking soda merupakan materi untuk menghilangkan karang gigi yang paling efektif sekali, baking soda atau natrium bikarbonat dapat menetralkan asam di verbal sehingga bisa membunuh bakteri, mengurangi jumlah kuman berbahaya pada karang gigi dan meluruhkan karang gigi dengan cepat.

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal dengan judul The Journal of Clinical Dentistry pada tahun 2008, pada jurnal tersebut dijelaskan bahwa dalam lima studi klinis yang dilakukan menyampaikan bahwa baking soda dapat lebih efisien untuk menghilangkan karang gigi yang menempel keras pada gigi.
  • Tempatkan secara merata baking soda pada sikat gigi anda, kumur-kumur sebentar menggunakan air hangat, lalu gosok gigi anda menggunakan sikat gigi yang telah di olesi baking soda tadi, setelah itu bilas verbal anda menggunakan air hangat kembali dengan berkumur berulang-ulang.
  • Atau anda juga bisa membuat ramuan dengan mencampurkan 2 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh garam, aduk hingga merata lalu gunakan ramuan ini sebagai pasta gigi anda.
  • Gunakan kedua cara diatas 2 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Menggunakan kulit jeruk

Kulit jeruk merupakan pemutih alami yang sangat ampuh sekali untuk menghilangkan karang gigi yang menempel pada gigi anda.

Kandungan limonene di kulit jeruk dapat membantu memecah karang gigi dan plak gigi tanpa merusak enamel gigi anda, selain itu vitamin C pada jeruk juga dapat membantu pertumbuhan kuman, kuman dan mikroorganisme pada gigi anda.
  • Ambil jeruk
  • Kupas
  • Makan buahnya 
  • Lalu ambil kulitnya
  • Gunakan kulit episode dalam jeruk untuk menggosok-gosok gigi anda tepat pada area karang gigi.
  • Direkomendasikan untuk menggunakan cara ini sebelum tidur lalu bilas gigi pada pagi hari.
  • Ulangi cara ini setiap hari supaya memperoleh hasil yang maksimal.

Menggunakan teh hitam

Berkumur menggunakan teh hitam bisa mengontrol pertumbuhan kuman di gusi dan verbal serta membantu mengurangi pembentukan plak pada gigi berkat adanya kandungan antioksidan, sifat antimikroba, dan fluoride pada teh hitam.

Kandungan pada teh hitam juga dapat menyehatkan enamel gigi dan mengurangi kemampuan kuman untuk menghasilkan asam yang dapat menimbulkan banyak sekali kerusakan gigi.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh The Jurnal Of Dentistry of Tehran University of Medical Sciences pada tahun 2011, menyampaikan bahwa teh hijau dan hitam kaya akan kandungan fluoride dan memiliki sifat anti kuman yang ampuh sekali.
  • Masukkan satu kantong teh hitam celup kedalam gelas panas selama beberapa menit.
  • Peras juga kantong teh celup tersebut supaya kandungan fluoride dapat keluar dengan sempurna.
  • Jika sudah keluarkan kantong teh.
  • Biarkan teh hingga dingin.
  • Lalu gunakan ramuan teh untuk berkumur-kumur selama beberapa menit.
  • Ulangi satu kali sehari untuk mencegah pembentukan karang gigi dan penumpukan plak gigi.

Menggunakan keju

Keju merupakan makanan enak yang sangat ampuh sekali untuk membantu menghilangkan karang gigi pada gigi anda, keju dapat membantu memperoduksi alkali dalam air liur untuk menetralkan asam pada plak gigi, hal ini dapat membuat pelindung pada lapisan luar gigi anda terhadap kuman pembuat plak gigi.

Selain itu keju juga mengandung kalsium dan fosfat yang sangat baik sekali untuk kesehatan gigi anda.

Menurut studi yang diterbitkan oleh The Journal of European Academy of Pediatric Dentistry pada tahun 2012, mencatat bahwa Keju tanpa pemanis gula dapat mencegah timbulnya karies pada gigi dengan meningkatkan konsentrasi kalsium dan fosfor dalam plak gigi.

Anda dapat mengkonsumsi keju secara teratur, dengan mengunyahnya menggunakan gigi secara merata selama beberapa menit.

Menggunakan stawberry dan tomat

Strawberry dan tomat kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik sekali untuk kesehatan gigi dan mulut, vitamin C pada buah ini dapat menetralisir pertumbuhan kuman dan kuman penyebab karang gigi serta bisa meluruhkan karang gigi dengan cepat.
  • Siapkan buah stroberi atau tomat
  • Kupas 
  • Lalu gunakan episode dalam buah untuk menggosok-gosok gigi anda tepat pada posisi karang gigi pada gigi anda.
  • Rekomendasi gunakan cara ini sebelum tidur dan membilasnya pada pagi hari.
  • Lakukan secara rutin cara ini setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.
Itulah beberapa cara untuk menghilangkan karang gigi dan plak pada gigi dengan mudah secara alami, selanjutnya untuk perawatan supaya anda tidak mengalami problem karang gigi atau timbulnya karang gigi, anda juga dapat memperhatikan beberapa tips dibawah ini :

Tips mencegah timbulnya karang gigi

  • Bersihkan gigi dan verbal anda setiap hari dari kotoran sisa makanan yang menempel pada gigi supaya tidak timbul plak gigi dan pengendapan yang bisa menjadi karang gigi.
  • Batasi mengkonsumsi olahan makanan dari gula dan pati karena kuman mudah berkembang biak pada makanan yang manis.
  • Melakukan perawatan secara rutin minimal 1 tahun 2 kali ke dokter gigi terkait, untuk menghilangkan karang gigi yang membandel dan pemeriksaan lebih lanjut wacana kesehatan gigi anda.
Baca juga :
Baiklah itulah tadi artikel wacana cara menghilangkan karang gigi secara alami, semoga dapat bermanfaat dan menjadi ide untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri Secara Alami"

Post a Comment