Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia ( Susah Tidur )

Insomnia

Penyebab dan cara mengatasi insomnia ( susah tidur ) - Insomnia merupakan suatu persoalan kesehatan serius yang paling ditakuti oleh orang - orang pada ketika ini. Banyak yang menganggap bahwa insomnia merupakan suatu penyakit, namun bahu-membahu insomnia bukanlah penyakit. Sejatinya Insomnia ialah suatu persoalan kesehatan berupa gangguan tidur yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami persoalan susah tidur, bahkan bila tidak cepat - cepat ditangani, persoalan insomnia ini mampu menimbulkan penderitanya tidak mampu tidur selama berhari - hari.

Bukan insomnianya yang ditakuti, namun efek karena tidak mampu tidur berhari - hari yang disebabkan oleh insomnia inilah yang dapat membuat penderitanya rentan terserang berbabagi macam penyakit serius, menyerupai stress, gagal jantung, sakit kepala dan lain - lain.

Penyebab insmomnia atau susah tidur juga banyak sekali, penting sekali bagi anda untuk mengetahui penyebab insomnia ini, apalagi bila anda ketika ini sedang mengalami persoalan insomnia, karena dengan mengetahui penyebab insomnia dapat membuat penanganan persoalan insomnia yang sedang anda alami mampu cepat - cepat untuk diatasi.

Penyebab insomnia ( susah tidur )

Menurut beberapa jago dari Sleepfoundation.org, insomnia dapat disebabkan oleh beberapa hal, menyerupai kondisi medis tertentu, persoalan psikologis, contoh makan yang tidak baik, gaya hidup yang buruk dan lain - lain.

Penyebab medis insomnia

Ada banyak sekali kondisi medis yang dapat menyebabkan persoalan insomnia ini, dalam beberapa kasus memang benar bahwa kondisi medis tertentu dapat menyebabkan insomnia namun dalam beberapa kasus juga kondisi medis tertentu hanya menyebabkan seorang pasien mengalami ketidaknyamanan dan berakibat susah untuk tidur.

Contoh kondisi medis yang dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia ialah :
  • Asma
  • Radang sendi
  • Nasal / alergi sinus
  • Kondisi neurologis menyerupai parkinson
  • Masalah pencernaan menyerupai refluks
  • Masalah endokrin menyerupai hipertiroidisme
  • Penyakit kronis
  • Sleep apnea
  • Dll
Jika anda mengalami persoalan susah tidur yang teratur, langkah yang paling bijak tentunya ialah dengan memeriksakan kondisi kesehatan anda terlebih dahulu dengan dokter terkait, siapa tau dibalik persoalan tidur yang anda alami ternyata terdapat persoalan kesehatan serius yang mengintai anda.

Insomnia & Depresi

Depresi juga dapat membuat seseorang mengalami persoalan susah tidur, ini merupakan kondisi kejiwaan yang paling sering menjadi penyebab munculnya persoalan insomnia ini.

Depresi sendiri merupakan keadaan suasana hati yang buruk menyerupai duka berkepanjangan, putus harapan, kehilangan motivasi, sering menyalahakan diri sendiri dan lain - lain.

Insomnia sendiri merupakan salah satu gejala depresi, dan resiko insomnia akan lebih berbahaya bila anda telah mengalami depresi sebelumnya. Studi juga menawarkan bahwa insomnia dapat memperburuk persoalan depresi.

Insomnia & Kecemasan

Faktor kecemasan juga dapat memicu timbulnya persoalan insomnia ini, biasanya gangguan tidur yang diakibatkan oleh faktor kecemasan sering dialami oleh orang - orang dewasa.

Gejala kecemasan yang dapat memicu timbulnya insomnia tersebut ialah :
  • Merasa kewalahan dengan tanggung jawab
  • Berlebihan mengkhawatirkan masa depan
  • Terperangkap dengan kenangan masa lalu
  • Trauma kejadian mengerikan yang terjadi dimasa lalu
  • Ketegangan
  • Takut kegelapan
  • Dan lain - lain.
Kecemasan dan insomnia merupakan siklus berantai yang dapat menghipnotis satu sama lain, di lain sisi anda susah tidur karena merasa cemas, dilain sisi juga insomnia yang anda alami malah akan menimbulkan rasa cemas, panik dan takut yang berkepanjangan.

Insomnia & gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat menyerupai buruknya contoh tidur dan kebiasaan - kebiasaan lain yang dapat mengganggu contoh tidur berpeluang tinggi terhadap timbulnya persoalan insomnia ini.

Buruknya contoh tidur dan kebiasaan - kebiasaan yang dapat menggangu contoh tidur yang dapat menyebabkan insomnia ialah :
  • Sering bekerja dirumah pada malam. Sehingga menyebabkan pikiran anda menjadi terfokus untuk menyelesaikan pekerjaan dan akhirnya anda lupa untuk bersantai, apalagi bila anda bekerja hingga larut malam, menunggu hingga pekerjaan anda selesai, hal ini sangat buruk sekali terhadap contoh tidur anda dan bila anda telah terbiasa melaksanakan hal tersebut tentu saja insomnia akan anda alami.
  • Sering tidur siang. Tidur siang bahu-membahu memiliki manfaat yang baik sekali untuk kesehatan menyerupai dapat membuat otak lebih fress, mengembalikan konsentrasi, menajamkan daya ingat dan lain - lain. Tidur siang memang bermanfaat untuk sebagian orang, namun sebagian orang lainnya banyak yang mengeluhkan bahwa bila mereka tidur siang cenderung akan sulit untuk tidur pada malam hari, ini mungkin disebabkan oleh siklus tidur yang mereka miliki.
  • Jadwal tidur yang buruk. Mungkin karena keasyikan bekerja, nonton siaran sepak bola atau aktifitas pada malam hari lainnya terpaksa memaksa anda tidur larut malam lalu menebusnya dengan tidur hingga siang hari. bahu-membahu ini merupakan suatu contoh tidur yang buruk dan berpotensi menimbulkan persoalan insomnia karena dapat membingungkan jam tubuh anda untuk tidur sehingga akan berdampak sulit tidur pada malam berikutnya.
  • Sering berganti shift kerja. Pada hari ini anda bekerja pada malam hari dan tidur pada siang hari, ke esokan harinya anda bekerja pada sing hari dan tidur malam hari. Jam tidur menyerupai ini sangat membingungkan jam tubuh anda untuk beradaptasi, sehingga lama - kelamaan akan membuat anda menjadi susah untuk tidur.

Insomnia & contoh makan

Pola makan yang buruk dan jenis makanan tertentu ikut ambil adegan dalam persoalan insomnia ini. Jika anda susah tidur, meninjau makanan apa saja yang anda konsumsi merupakan solusi terbaiknya.

Beberapa jenis makanan yang dapat membuat anda susah tidur tersebut diantaranya ialah :
  • Kafein. Kafein merupakan stimulan yang dapat membuat orang yang mengkonsumsinya dapat melek berjam - jam. Kebanyakan orang mengkonsumsi kafein ini biasanya pada pagi hari, untuk membantu mereka memulai hari dan lebih produktif. Kafein untuk sebagian orang bahu-membahu baik - baik saja mengkonsumsi kafein asal takarannya tidak berlebihan, tetapi mengkonsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan insomnia, menurut penelitan, orang yang mengkonsumsi kafein lebih dari 4 gelas perhari cenderung mencicipi insomnia pada malam hari dibanding dengan orang yang mengkonsumsi 0 -1 gelas kafein perhari.
  • Alkohol. Alkohol termasuk dalam obat penenang, namun biasanya efek penenangnya hanya diawal saja, dan tidak benar - benar membuat anda tertidur pulas, biasanya setelah beberapa jam efek alkohol menghilang, anda cenderung susah untuk tidur.
  • Nikotin. Nikotin juga merupakan salah satu zat stimulan. menurut penelitian, nikotin cenderung menimbulkan efek sesak nafas dan membuat tubuh terasa tidak nyaman dalam waktu beberapa jam. Efek dari nikotin tersebutlah yang dapat membuat seseorang mengalami insomnia dan susah untuk tidur.

Insomnia & otak

Ada banyak sekali faktor yang mengaitkan antara insomnia dan otak, dalam beberapa kasus, insomnia mungkin disebabkan oleh neurotransmitter tertentu didalam otak yang berkaitan dengan aktifitas tidur dan terjaga.

Ada banyak sekali kemungkinan reaksi kimia yang terjadi didalam otak sehingga membuat penderitanya mengalami insomnia, bahkan dalam beberapa kasus sering ditemukan seorang pasien yang telah mengalami persoalan insomnia selama bertahun - tahun tanpa diketahui alasannya ialah akibatnya.

         Setelah mengetahui aneka macam macam penyebab insomnia tersebut, lalu bagaimana cara mengatasi insomnia ?

Cara mengatasi insomnia ( susah tidur )

Cara mengatasi insomnia dapat kita siasati dengan aneka macam cara dan cara - cara tersebut sangat erat kaitannya dengan aneka macam penyebab insomnia diatas.

Hilangkan depresi pada diri anda

Depresi merupakan keadaan suasana hati yang buruk menyerupai duka berkepanjangan, putus harapan, kehilangan motivasi, sering menyalahakan diri sendiri dan lain - lain.

Jika anda beranjak tidur dengan pikiran yang dipenuhi dengan depresi tentu saja akan membuat anda menjadi insomnia dan susah sekali untuk tidur.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh tubuh kesehatan Amerika Serikat, sebanyak 30 % populasi orang dewasanya mengaku pernah mengalami depresi dan 20 % lagi dialami oleh remaja dan anak - anak.

Tuntutan kehidupan yang semakin tinggi, ekpentasi orang - orang disekitar, konflik antar negara, kekerasan seksual dan lain - lain merupakan penyebab depresi yang sering dialami oleh kebanyakan orang.

Solusi untuk mengatasi depresi sendiri ialah dengan sering menyejukkan pikiran, mengikuti tausiah, sering mendengarkan motivasi, selalu berfikir positif, berkonsultasi dengan psikolog, mendekatkan diri kepada Allah YME dan lain - lain.

Jika depresi yang anda alami telah hilang, dijamin tidur anda akan lebih mudah terlelap.

Hilangkan kecemasan pada diri anda

Selain depresi, faktor psikologis lain yang sering menjadi biang kerok persoalan insomnia ini ialah adanya kecemasan pada diri anda ketika akan tidur.

Faktor kecemasan ini bermacam - macam sekali misalnya saja ialah merasa kewalahan dengan tanggung jawab berlebihan, mengkhawatirkan masa depan, terperangkap dengan kenangan masa lalu, stress berat dengan kejadian mengerikan yang terjadi dimasa lalu, takut kegelapan dan lain - lain.

Solusi semoga tidur anda nyaman dan terhindar dari kecemasan ialah dengan selalu berfikir positif, tingkatkan rasa percaya diri anda, yakinkan bahwa diri anda dapat melalui segala macam rintangan yang akan menghadang dimasa mendatang, yakinkan bahwa masa depan akan berjalan baik - baik saja, yakinkan kepada diri anda bahwa tidak ada sesuatu apapun yang kau takutkan didunia ini kecuali Allah YME, maka dijamin kecemasan pada dirimu akan berangsur - angsur menghilang dan anda pun dapat tidur dengan pulas.

Ubah gaya hidup menjadi lebih baik

Gaya hidup yang tidak baik, menyerupai buruknya contoh makan dan contoh tidur memang berpeluang besar menimbulkan persoalan insomnia pada malam hari.

Jika anda tidak ingin terus - jalan masuk mengalami insomnia sangat dianjurkan sekali untuk merubah gaya hidup anda menjadi lebih baik.

Stop merokok, alkohol dan kurangi konsumsi kafein merupakan langkah terbaik untuk menghindari persoalan insomnia ini.

Selain itu buatlah agenda tidur yang teratur setiap hari, tidur pukul 9 malam dan berdiri pukul 5 pagi merupakan waktu ideal untuk tidur sehat.

Sebagai pelengkap, pada pagi hari setelah berdiri tidur anda juga mampu melaksanakan olahraga secara teratur menyerupai lari pagi, yoga, senam dan lain - lain untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan pikiran menjadi lebih fress sehingga pikiran dapat terhindar dari persoalan depresi dan kecemasan. 

Bila insomnia terus berlanjut segera konsultasi dengan dokter terkait

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa penyebab insomnia sangatlah komplek, terkadang persoalan insomnia terjadi berkaitan dengan kondisi kesehatan tertentu.

Jika anda merasa insomnia yang anda alami tidak berangsur membaik walaupun anda telah menerapkan aneka macam cara untuk mensiasatinya, sangat disarankan bagi anda untuk berkonsultasi secara eksklusif dengan dokter terkait.

       Itulah tadi beberapa cara mengatasi insomnia, semoga penanganan persoalan insomnia yang anda alami pada ketika ini dapat lebih maksimal, anda juga dapat memperhatikan beberapa tips mengatasi insomnia dibawah ini :

Tips mengatasi insomnia ( susah tidur )

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik memang sangat menyenangkan sekali, mendengarkan musik juga dapat menstimulun otak menjadi lebih tenang, sehingga persoalan depresi dan kecemasan dapat perlahan -lahan teralihkan. Jika anda mengalami insomnia cobalah pejamkan mata anda sambil mendengarkan musik, untuk pilihan jenis musik bahu-membahu menyesuaikan dengan kesukaan masing - masing individu, namun jenis musik yang cocok untuk menghilangkan insomnia ialah jenis musik klasik dengan irama yang mendayu - dayu dan sendu.

Pilih posisi tidur senyaman mungkin

Posisi tidur yang baik juga dapat menghipnotis kualitas tidur anda, memang ini terlihat sepele namun sangat berkontribusi besar terhadap kualitas tidur anda, terkadang bila salah dalam posisi tidur membuat tubuh dan leher terasa pegal - pegal ketika berdiri ke esokan harinya, selain itu menurut penelitian, salah dalam posisi tidur juga dapat menyebabkan seseorang mengalami persoalan ketindihan, sehingga ke esokan harinya ketika anda ingin tidur kembali, anda cenderung cemas dan takut untuk tidur, hal inilah yang kemudian menimbulkan persoalan insomnia.

Untuk itulah bila anda tidak ingin mangalami insomnia sangat disarankan sekali untuk mengetahui posisi tidur yang baik, posisi tidur yang baik ialah tidur dengan beralaskan sesuatu yang empuk menyerupai kasur, tubuh menghadap keatas, antara badan, kaki dan kepala usahakan untuk sejajar, kemudian jangan tidur dalam posisi tengkurap karena dapat membuat sulit untuk bernafas serta jangan tidur dengan gaya menyamping kekiri karena dapat menyumbat fungsi jantung.

Coba tidur tanpa busana

Banyak yang menganggap tidur tanpa busana sebagai kebiasaan yang tabu, namun ternyata tidur tanpa busa memiliki manfaat yang sangat baik sekali untuk kesehatan anda, baik kesehatan tubuh maupun kesehatan psikologis anda. ( Baca selengkapnya : manfaat tidur tanpa busana )

Ketika kita berusaha memejamkan mata untuk tidur, sering bukan, kita mencicipi keadaan yang gimana gitu, antara tidak nyaman, gerah dan sumpek campur aduk menjadi satu, bila terus anda biarkan hal inilah yang dapat membuat anda menjadi susah untuk tidur.

Untuk mengatasinya coba deh tidur tanpa busana, karena menurut penelitian tidur tanpa busana dapat membuat tubuh lebih nyaman ketika bersentuhan dengan selimut dan kasur, membuat kita terbebas dari lilitan dan tabrakan dari pakaian serta suhu tubuh cenderung lebih rendah sehingga membuat kita tidak merasa gerah ketika tidur.

Dekorasi kamar tidur anda menjadi lebih menarik

Dekorasi kamar yang itu - itu saja selama bertahun - tahun tentu saja membuat kita merasa bosan bila berada dikamar tersebut. Sehingga apapun yang kita lakukan dikamar tersebut terasa membosankan sekali. Hal inilah yang kemudian berakibat buruk terhadap tidur kita.

Biasanya hal ini sering dialami oleh anak - anak dan para remaja yang pada dasarnya sangat menyukai dengan perubahan.

Oleh alasannya ialah itulah semoga tidur anda tidak tergangu, dan anda mampu cepat tidur pulas sangat direkomendasikan sekali untuk mendekorasi ulang kamar anda menjadi lebih menarik, menyerupai dengan mengganti cat dindingnya, menambahkan foto - foto kenangan indah, menambah lampu - lampu warna - warni yang cantik, serta menata ulang kamar anda sesuka hati anda.

Matikan lampu tidur

Pencahayaan ruangan ternyata memiliki tugas penting terhadap aktifitas tidur dan kecepatan tidur seseorang, menurut penelitian, orang yang tidur dengan kondisi pencahayaan yang gelap cenderung lebih mudah untuk tidur terlelap, hal ini berbading terbalik ketika kita tidur dalam ruangan dengan pencahayaan tingi, ruangan dengan pencahayaan tinggi cenderung membuat kita merasa lebih gerah, sumpek dan tidak nyaman untuk tidur sehingga persoalan insomnia lebih mudah kita alami.

Oleh alasannya ialah itulah semoga tidur kita lebih berkualitas sangat disarankan sekali untuk mematikan semua lampu didalam ruangan termasuk juga dengan lampu tidur, namun hal ini tidak berlaku untuk kalian yang phobia terhadap kegelapan, orang yang phobia terhadap kegelapan justru malah merasa sebaliknya. 

Minta temani tidur oleh orang lain

Ini merupakan persoalan serius bagi mereka yang memiliki phobia atau ketakutan terhadap sesuatu tertentu, misalkan takut dengan kegelapan, takut dengan hantu, takut dengan penjahat.

Orang - orang yang memiliki phobia tersebut cenderung susah sekali untuk tidur karena mencicipi kecemasan yang luar biasa, bahu-membahu hal ini sudah saya bahas diatas, namun kecemasan akhir phobia yang berujung susah tidur bahu-membahu dapat anda siasati dengan mudah yaitu dengan mengajak orang lain untuk tidur bersama anda, hal ini kemudian akan berdampak terhadap munculnya ketenangan dalam diri anda karena ada yang menemani. 

Dekatkan diri kepada Allah YME

Ini merupakan solusi jitu dan paling ampuh buat anda yang sering mengalami insomnia, apalagi bila insomnia yang anda alami tersebut berasal dari kecemasan, depresi maupun ketakutan - ketakutan yang anda alami sehingga menyebabkan anda menjadi susah tidur.

Cobalah untuk mendekatkan diri kepada Allah YME, bila anda seorang muslim, mulai sekarang perbanyaklah ibadah semoga pikiran anda menjadi lebih tenang.

Jika insomnia mendadak menyerang anda, anda dapat mengawali tidur dengan melaksanakan sholat tahajud terlebih dahulu kemudian bacalah do'a untuk tidur, dijamin pikiran anda menjadi lebih hening dan tidur pulas pun mampu anda dapatkan.

Saya tidak mampu berkata apa - apa lagi, sungguh dengan cara mendekatkan diri dengan Allah YME merupakan obat dari aneka macam macam penyakit yang paling mujarab termasuk juga dengan persoalan insomnia ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia ( Susah Tidur )"

Post a Comment