Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat Secara Alami ( Semua Umur )


Cara

Memiliki tinggi tubuh yang proporsional merupakan keinginan semua orang, baik pria maupun wanita tentu saja semua menginginkannya bukan ?

Karena dengan memiliki tinggi tubuh yang proporsional dapat membuat kepercayaan diri kita menjadi lebih meningkat.

Selain itu dengan memiliki tinggi tubuh yang proporsional juga dapat kita jadikan sebagai persyaratan utama dalam melamar suatu pekerjaan tertentu, misalnya saja untuk menjadi TNI, Pilot, Model dan lain - lain.

Namun tidak semua dari kita beruntung terlahir dengan tinggi tubuh yang proporsional, lagi - lagi faktor keturunan sangat kuat terhadap tinggi tubuh seseorang, buruknya nutrisi yang kita konsumsi, serta gaya hidup yang tidak sehat juga ikut ambil adegan terhadap pertumbuhan tinggi tubuh kita.

Sejatinya tinggi tubuh insan memiliki batas pertumbuhan hingga pada waktu tertentu, pada wanita tinggi tubuh biasanya dapat tumbuh hingga batas umur 22 tahun sedangkan pada pria tinggi tubuh biasanya dapat tumbuh hingga batas umur 25 tahun. Sehingga hingga batas umur tersebutlah waktu terbaik buat kalian untuk mencoba menambah tinggi badan.

Ada banyak sekali cara untuk menambah tinggi badan, namun yang harus anda pahami bahwa untuk menambah tinggi tubuh tidaklah bisa kita lakukan dalam waktu singkat, 1 hari, 1 ahad atau 2 minggu.

Jika kalian lakukan cara menambah tinggi tubuh dibawah ini secara teratur, biasanya pertambahan tinggi tubuh akan mulai terlihat dalam waktu 1 - 2 bulan.

Cara menambah tinggi tubuh secara alami

Cukupi waktu tidur

Untuk menerima tinggi tubuh yang maksimal, mulai sekarang cukupi waktu tidur anda setiap hari. Ini merupakan fakta wacana pertumbuhan tinggi badan, bahwa tubuh kita akan tumbuh dan meregenerasi jaringan ketika tubuh sedang beristirahat.

Ketika tubuh sedang beristirahat, otak kita akan melepaskan hormon pertumbuhan insan ( HGH ) khususnya ketika kita sedang memasuki fase gelombang otak melambat dan terlelap pulas pada dikala tidur.

Jadi, jikalau anda tidak menerima waktu tidur yang cukup, tentu saja akan berakibat rendahnya jumlah HGH yang diproduksi, sehingga tubuh tidak bisa tumbuh secara maksimal.

Untuk menerima tinggi tubuh maksimum, penelitian menunjukkan bahwa tubuh dewasa memerlukan minimal 8 jam istirahat setiap hari, dan 11 jam istirahat untuk menerima tinggi tubuh yang jauh lebih efektif.

Mengkonsumsi makanan sehat

Untuk menerima tinggi tubuh yang maksimal tidak mungkin kita dapatkan jikalau kita tidak mengkonsumsi makanan sehat. mengkonsumsi makanan sehat sangat kuat sekali terhadap tinggi tubuh anda karena dengan mengkonsumsi makanan yang sehat akan memperlihatkan nutrisi yang cukup bagi tumbuh kembang tinggi tubuh anda.

Apalagi jikalau anda mengkonsumsi jenis makanan yang memang dikhususkan untuk menambah tinggi badan, tentu saja laju pertumbuhan tinggi tubuh anda akan jauh lebih baik.

Beberapa makanan sehat yang cocok sekali untuk menambah tinggi tubuh diantaranya ialah :

  • 1. susu

Susu merupakan makanan sehat penambah tinggi tubuh yang sangat ampuh sekali, susu yang dimaksud disini bukan hanya susu cair yang selalu kita minum setiap harinya tetapi juga menyangkut semua produk olahan susu ibarat keju, yoghurt, paneer dan lain - lain.

Susu dan produk olahan susu sangat penting sekali untuk menambah tinggi tubuh karena mereka mengandung semua nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mencapai tinggi tubuh maksimal, beberapa nutrisi penting yang dimiliki susu dan produk olahan susu lainnya ialah kalsium, protein, vitamin A, B, D dan E.

Kalsium sangat penting sekali untuk pertumbuhan tulang yang sehat dan kuat, serta vitamin D sangat berperan aktif terhadap perembesan kalsium pada tulang.

Oleh alasannya ialah itulah untuk menerima manfaat maksimal dari susu ini sangat disarankan untuk mengkonsumsi susu cair 2 gelas setiap hari.

  • 2. Telur

Jika kalian mencari makanan penambah tinggi badan, tidak lengkap jikalau tidak memasukkan telur didalamnya, telur merupakan sumber nutrisi untuk menambah tinggi tubuh yang sangat murah meriah dan paling disukai oleh orang - orang karena rasanya yang enak.

Telur memiliki kandungan nutrisi yang banyak sekali ibarat protein, vitamin D, kalsium, vitamin B2, dan semua itu membantu tubuh anda untuk memperomosikan tubuh tinggi yang lebih maksimal.

Untuk menerima manfaat maksimal dari telur ini sangat disarankan sekali untuk mengkonsumsi 4 - 6 butir telur setiap hari, terutama putih telurnya.

  • 3. Ayam

Selain telur, ayam juga dapat kita gunakan sebagai makanan yang dapat menambah tinggi badan, ayam merupakan sumber protein hewani yang sangat melimpah sekali.

Jika anda ingin menerima manfaat yang maksimal dari ayam untuk menambah tinggi badan, usahakan untuk mengkonsumsi 50 gram daging ayam setiap hari.

  • 4. Kedelai

Alternatif buat kalian yang tidak menyukai jenis makanan dari hewan ( vegetarian ), anda bisa memanfaatkan kedelai ini sebagai sumber nutrisi untuk membantu menerima tinggi tubuh yang maksimal.

Kedelai ialah makanan dengan sumber nutrisi yang sangat lengkap sekali ibarat protein, folat, vitamin, serat, karbohidrat dan lain - lain.

Untuk memperoleh manfaat yang maksimal dari kedelai ini, sangat disarankan untuk mengkonsumsi 50 - 55 gram kacang kedelai setiap hari.

  • 5. Pisang

Siapa sangka, pisang yang batangnya biasa tumbuh dipekarangan rumah kita ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa terhadap tinggi tubuh kita.

Buah pisang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, ibarat kalium, kalsium, mangan, yang sangat efektif dalam membantu pertumbuhan tinggi badan.

Kalium dapat membantu mencegah problem melemahnya tulang dan gigi serta menetralisir dampak ancaman sodium pada tulang, sehingga dapat mencegah terhambatnya perembesan kalsium pada tulang, selain itu kandungan mangan yang ditemukan pada pisang juga dapat meningkatkan kesehatan tulang.

  • 6. Kacang - kacangan dan biji - bijian

Banyak yang menimbulkan kacang - kacangan dan biji - bijian sebagai makanan cemilan saja, namun lebih dari itu ternyata jenis makanan kacang - kacangan dan biji - bijian bekerjsama dapat kita manfaatkan sebagai sumber makanan penambah tinggi badan.

Kacang - kacangan ibarat kacang tanah, kacang almond, kacang mede, dan biji - bijan memiliki kandungan mineral penting yang sangat diharapkan untuk pertumbuhan tinggi badan.

Beberapa nutrisi yang terkandung didalam kacang - kacangan dan biji - bijian tersebut diantaranya adalah, protein, asam amino, lemak baik, kalium, karbohidrat, kalsium dan lain - lain, sehingga bisa dikatakan bahwa jenis makanan kacang - kacangan dan biji - bijian ini merupakan camilan sehat penambah tinggi badan.

  • 7. Sayuran berdaun hijau

Salah satu makanan terbaik untuk membantu menambah tinggi tubuh ialah sayuran, namun usahakan untuk memilih jenis sayuran yang memiliki warna hijau segar, karena sayuran jenis ini memiliki lebih banyak kandungan mineral esensialnya ibarat banyak sekali macam vitamin, karbohidrat, protein, magnesium, zat besi, serat dan lain - lain.

Beberapa sayuran hijau yang bermanfaat untuk menambah tinggi tubuh diantaranya ialah bayam, brokoli, kacang polong, kubis, kangkung, sawi dan lain - lain.

  • 8. Ikan

Untuk membantu menambah tinggi tubuh tidak lengkap jikalau ikan tidak masuk salah satu daftarnya, karena memang ikan ini merupakan sumber nutrisi yang sangat baik sekali untuk membantu menambah tinggi tubuh anda.

Ikan merupakan makanan dengan sumber nutrisi yang sangat kaya sekali ibarat protein, vitamin D, kalsium, kalium yang semua itu sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tinggi badan.

Makanan dari ikan juga memiliki rasa yang enak - enak dan bermacam - macam sekali sehingga membuat kita tidak mudah bosan untuk mengkonsumsinya.

Untuk pilihan ikan terbaik sebagai sumber nutrisi untuk menambah tinggi tubuh ialah ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, dan lain - lain.

  • 9. Sinar matahari

Selain dengan menerima nutrisi dari banyak sekali jenis makanan, anda juga bisa menerima nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menambah tinggi tubuh tersebut melalui sinar matahari.

Sinar matahair merupakan lautan vitamin D yang tidak terbatas, dan paling mudah kita dapatkan, ibarat yang telah kita ketahui bersama bahwa vitamin D sangat berperan penting terhadap pertumbuhan tinggi tubuh kita karena tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium secara maksimal di usus, serta membantu membangun tulang dan gigi yang kuat.

Melakukan latihan dan olahraga untuk menambah tinggi badan

Rutin melaksanakan olahraga dan latihan untuk mengolah tubuh juga sangat berperan besar terhadap tinggi tubuh anda. Kegiatan ini merupakan cara yang ampuh sekali untuk menambah tinggi tubuh dan akan sangat efektif jikalau anda melakukannya semenjak dini.

Menurut penelitian, anak - anak dan dewasa dibawah usia 18 tahun yang rutin melaksanakan olahraga dan latihan mengolah tubuh dipercaya memiliki kecepatan tumbuh tinggi tubuh hingga 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya, selain itu jikalau anda melakukannya diatas umur 18 - 25 tahunan tetap akan bisa menambah tinggi tubuh hingga beberapa inchi.

Teori bagaimana aktifitas fisik bisa menambah tinggi tubuh ini sangat sederhana, jikalau tubuh aktif secara fisik dan tubuh menerima asupan nutrisi yang baik, maka seluruh asupan nutrisi pertumbuhan harian anda ( kalsium, zinc, vitamin D dll ) akan lebih mudah untuk diserap tubuh dan eksklusif dialokasikan ke pertumbuhan tinggi tubuh anda.

Dengan melaksanakan aktifitas fisik secara teratur dapat melatih otot - otot tubuh menjadi elastis dan tulang - tulang pada tubuh menjadi merenggang, selain itu dengan rutin melaksanakan aktifitas fisik juga dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan.

Beberapa aktifitas fisik dan olahraga yang sangat efektif sekali untuk membantu menambah tinggi tubuh ialah :

  • 1. Renang

Jika anda ingin menerima tinggi tubuh yang maksimal, olahraga yang paling baik sekali anda lakukan untuk mewujudkannya ialah dengan rutin melaksanakan olahraga renang.

Posisi tubuh yang terapung dan gerakan ketika renang sangat efektif sekali melatih otot - otot anda menjadi lebih elastis, selalin itu area sendi - sendi dan tulang juga lebih mudah memanjang dengan melaksanakan gerakan renang yang berulang - ulang.

Apalagi jikalau anda rutin melaksanakan olahraga renang ini semenjak usia dini yang notabenya tulang dan otot masih mudah elastis, keberhasilan anda dalam menambah tinggi tubuh menjadi lebih besar.

Untuk memperoleh manfaat menambah tinggi tubuh dengan cara berenang ini, usahakan untuk melakukannya secara rutin setiap hari dengan durasi kurang lebih 2 jam.

  • 2. Latihan melompat

Ini merupakan salah satu latihan untuk menambah tinggi tubuh yang paling mudah dan menyenangkan, cukup anda lakukan lompatan - lompatan secara rutin setiap hari, semoga lebih bervariasi anda juga dapat melakukannya dengan tali ( lompat tali ) atau lompat lari ( lompat sambil berlari ).

Latihan ini secara efektif akan membantu tulang kaki dan tulang belakang untuk berkembang, tulang belakang dan betis mengalami perenggangan akhir lompatan yang anda lakukan dari tanah, latihan melompat juga dapat meningkatkan suplai darah ke tulang, meningkatkan kepadatan tulang serta merangsang hormon pertumbuhan.

Namun jikalau anda gres pertama melakukannya, usahakan untuk melakukannya dengan intensitas ringan terlebih dahulu.

  • 3. Latihan bergelantungan

Latihan ini ibarat mirip latihannya simpanse bergelantung di pepohonan, dengan menggunakan kekuatan tangan untuk menahan berat tubuh dan ujung kaki tidak boleh menyentuh tanah.

Walaupun terlihat aneh, namun latihan ini merupakan latihan yang paling efektif sekali untuk menambah tinggi tubuh anda, ketika melaksanakan latihan, seluruh tulang tangan, tulang belakang dan tulang kaki akan mengalami peregangan, dan berefek meningkatnya kepadatan tulang sehingga tulang akan lebih mudah berkembang.

Anda dapat melaksanakan latihan ini dimana saja, asalkan anda memiliki benda yang kuat sebagai penyangga, dan usahakan latihan bergelantungan ini anda lakukan selama 30 - 40 detik berulang - ulang selama 1 - 2 jam, dengan menggerakkan kedua kaki ke atas dan mengangkat tubuh menggunakan tangan.

  • 4. Basket

Jika anda pencinta olahraga basket, beruntunglah anda, karena olahraga ini sangat efektif sekali untuk membantu menambah tinggi tubuh anda.

Coba saja anda lihat tubuh pemain - pemain basker profesional, tentu saja tubuh mereka tingi - tingi sekali bukan ?

Olahraga basket sangat efektif sekali untuk menambah tinggi tubuh karena pada olahraga ini pemain cenderung selalu melaksanakan lompatan - lompatan tinggi yang memicu merenggangnya tulang - tulang pada seluruh tubuh serta membantu otot - otot tubuh menjadi lebih elastis, sehingga berakibat pada kepadatan tulang menjadi lebih cepat dan lebih baik. Hormon pertumbuhan juga akan meningkat tajam jikalau anda rajin melaksanakan lompatan - lompatan dan aktifitas fisik lainnya.

Membentuk postur tubuh menjadi lebih baik

Banyak orang - orang yang bekerjsama memiliki tinggi tubuh yang proporsional namun buruknya postur tubuh yang mereka miliki membuat mereka telihat pendek dan kurang tinggi.

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya posisi duduk yang salah, terlalu lama duduk, terlalu lama membungkuk melihat gadget sehingga tulang memiliki kelainan perkembangan ( biasanya membungkuk ) dan menekan tinggi tubuh normal anda.

Jika anda terlanjur memiliki postur tubuh yang buruk sehingga membuat tubuh anda terlihat pendek dan kurang tinggi, bekerjsama kita bisa mengatasinya, namun diharapkan waktu yang relatif lama untuk benar - benar mengembalikan postur tubuh anda menjadi normal.
  • Rubah cara duduk anda. ketika bekerja atau sedang melaksanakan aktifitas lainnya, usahakan untuk duduk tegap dengan pandangan kedepan, jikalau anda bekerja didepan komputer, posisikan layar monitor lurus dengan tatapan wajah anda.
  • Sering - sering lah beristirahat dengan posisi tidur yang baik semoga otot - otot tubuh menjadi elastis dan tulang -tulang anda menjadi lebih renggang, sehingga postur tubuh anda dapat menjadi lebih baik.
  • Hindari menggunakan komputer, gadget atau smartphone dalam waktu yang lama, jikalau anda memang tidak bisa meninggalkannya, usahakan untuk berhenti sementara waktu untuk sekedar berjalan - jalan atau tiduran.
  • Rutin melaksanakan olahraga dan aktifitas fisik untuk merenggangkan tulang dan mengelastiskan otot - otot tubuh.
  • Melakukan yoga . Cara yang efektif untuk membentuk postur tubuh anda menjadi normal ialah dengan melaksanakan yoga, karena gerakan - gerakan yoga dapat membuat otot - otot tubuh menjadi lebih elastis serta tulang - tulang tubuh anda menjadi lebih lentur, renggang dan dapat mengembalikan postur tubuh anda yang buruk menjadi normal. Selain itu yoga juga dapat memperlihatkan dorongan alami terhadap pertumbuhan tinggi tubuh anda menjadi lebih maksimal. 

Meningkatkan sisitem kekebalan

Sistem kekebalan tubuh juga sangat berperan besar terhadap tumbuh kembang tinggi tubuh anda, Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, segala macam penyakit tidak akan mudah menyerang tubuh anda.

Hal ini dikarenakan jikalau tubuh anda tidak mudah terserang penyakit, nutrisi dan sistem metabolisme tubuh akan mudah terkonsentrasi ke pertumbuhan tubuh anda.

Berbeda halnya jikalau tubuh anda sering sakit - sakitan, hal ini dapat menghambat pertumbuhan tubuh anda.

Apalagi jikalau anda masih memasuki masa anak - anak dan pubertas, memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting sekali karena beberapa penyakit dapat menghambat pertumbuhan tubuh anak.

Oleh alasannya ialah itulah jikalau anda ingin tumbuh kembang tinggi tubuh anda normal, usahakan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Caranya cukup mudah sekali, yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibarat buah - buahan yang banyak mengandung vitamin C ( jeruk, apel, lemon, anggur dll ), ikan dan kacang  - kacangan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 dan protein,  dan teh yang banyak mengandung antioksidan alami.

Minum banyak air

Tubuh insan tersusun lebih dari 70 % air, air sangat penting sekali untuk menambah tinggi tubuh karena tidak mungkin nutrisi dari makanan yang anda konsumsi dapat diolah oleh tubuh dan sistem metabolisme tubuh anda akan berfungsi jikalau tidak adanya asupan air yang cukup pada tubuh anda.

Disini air merupakan kuci utama dalam menambah tinggi badan, karena sistem metabolisme tubuh berperan eksklusif dalam mendukung tumbuh kembang seseroang, oleh alasannya ialah itu semoga sistem metabolisme tubuh anda dapat berjalan optimal, usahakan untuk selalu mengkonsumsi air putih yang teratur setiap harinya.

Rekomendasi dari para pakar kesehatan dunia untuk mengkonsumsi 2 liter air setiap hari namun semoga sistem metabolisme tubuh anda menjadi lebih optimal, anda dapat mengkonsumsi 2,5 liter air setiap hari.

Jauhi faktor - faktor yang dapat menghambat pertumbuhan anda

Tidak kalah penting dari point - point sebelumnya, untuk menambah tinggi tubuh menjadi lebih maksimal, usahakan untuk selau mejauhi faktor - faktor yang menghambat pertumbuhan tinggi tubuh anda.

Obat obatan terlarang dan alkohol merupakan 2 faktor penting penting penghambat pertumbuhan tingga tubuh yang harus anda hindari karena zat yang terkandung didalam alkohol dan obat - obatan terlarang dapat menganggu pertumbuhan normal.

Steroid juga dapat menghambat pertumbuhan tubuh seseorang, obat ini seharusnya dilarang dan tidak dianjurkan digunakan oleh kalian yang masih dewasa dan masih dalam masa pertumbuhan karena cenderung menghambat pertumbuhan tulang.

Bahkan penelitian menunjukkan anak - anak dan dewasa yang mengkonsumsi obat asma yang mengandung dosis kecil budesonide ( sejenis steroid ) menunjukkan pertumbuhan 1 inci lebih lambat daripada sahabat seusinya.

Terlepas dari beberapa zat yang menghambat pertubuhan ibarat diatas, ternyata zat yang biasa kita konsumsi sehari - hari jikalau dikonsumsi oleh anak - anak dan dewasa yang sedang memasuki masa pertumbuhan juga dapat berdampak buruk sekali terhadap pertumbuhan tinggi badan. Zat tersebut ialah kafein.

Selain secara eksklusif dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan, mengkonsumsi kafein pada orang - orang yang sedang memasuki masa pertumbuhan juga dapat menyebebakan seseorang tersebut kehilangan waktu tidurnya, akhir efek stimulan dari kafein ini yang dapat menyebabkan seseorang untuk terjaga selama berjam-jam. Seperti yang telah kita ketahui bahwa tidur sangat penting untuk menerima tinggi tubuh yang maksimal, karena ketika tidur tersebutlah hormon pertumbuhan akan diproduksi secara besar - besaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat Secara Alami ( Semua Umur )"

Post a Comment