Macam - Macam Vitamin, Sumber Vitamin dan Fungsi Vitamin

ternyata

Tahukah anda, ternyata vitamin terbagi menjadi banyak sekali, dan setiap macam - macam vitamin memiliki sumber dan fungsi yang berbeda - beda. Mengetahui macam - macam vitamin, sumber vitamin, beserta fungsi vitamin sangatlah penting sekali, alasannya dapat mengedukasi kita wacana pentingya tugas vitamin tersebut terhadap kesehatan badan manusia.

Sejatinya pengertian vitamin sendiri yaitu sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, dan vitamin ini tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh.

Kaprikornus disini sangat diharapkan sekali tugas dari diri kita sendiri untuk menerima vitamin tersebut dari luar, mampu melalui makanan, sinar matahari dan lainnya.

Menurut emedicinehealth.com, vitamin yang masuk kedalam badan tidak mampu eksklusif diproses oleh badan begitu saja, namun harus diseleksi terlebih dahulu dan biasanya sebelum diproses oleh tubuh, vitamin tersebut akan dibedakan menjadi 2 macam yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak.

Vitamin yang larut dalam air

Vitamin yang larut dalam air merupakan vitamin yang dapat larut bebas bersama dengan air didalam badan kita, dan akan ikut terekskresi oleh ginjal. Pada dasarnya badan hanya membutuhkan jenis vitamin yang larut dalam air ini dengan dosis yang rendah.

Vitamin yang larut didalam air juga termasuk salah satu pembentuk metabolisme tubuh, namun setelah dikonsumsi, vitamin yang larut didalam air ini tidak akan disimpan oleh tubuh, dan dapat dikeluarkan bersama dengan urine.

Berikut dibawah ini beberapa jenis vitamin yang larut dalam air, lengkap dengan sumber, beserta fungsinya.

Macam - macam vitamin yang larut dalam air, sumber beserta fungsinya

1. Vitamin B1 ( Tiamin )

Fungsi vitamin B1 ( tiamin ) ini yaitu untuk membantu proses metabolisme energi didalam tubuh, meningkatkan fungsi otak, membantu memproduksi sel darah merah serta berperan penting terhadap fungsi saraf.

Sumber - sumber vitamin B1 ( tiamin ) dapat kita temukan pada banyak sekali macam makanan, diantaranya yaitu biji - bijian, kacang - kacangan, biji bunga matahari, semangka, tiram, kacang polong, oatmeal dll.

2. Vitamin B2 ( Riboflavin )

Fungsi vitamin B2 ( riboflavin ) ini yaitu mebantu enzim menghasilkan energi untuk tubuh,  membantu kelancaran produksi sel darah merah, penting bagi kesehatan penglihatan dan kesehatan kulit.

Sumber - sumber vitamin B2 ( riboflavin ) ini yaitu brokoli, bayam, gandum dan banyak sekali jenis makanan olahan dari susu menyerupai susu cair, yoghurt dan lain - lain.

3. Vitamin B3 ( Niacin )

Fungsi vitamin B3 ( niacin ) yaitu dapat membantu proses metabolisme energi, penting terhadap kesehatan sistem saraf, sistem pencernaan, serta kesehatan kulit.

Sumber - sumber vitamin B3 ( niacin ) dapat kita peroleh dari banyak sekali macam makanan menyerupai daging unggas, ikan, gandum, bayam, brokoli, asparagus, dan kacang - kacangan.

4. Vitamin B6 ( Piridoksin )

Fungsi vitamin B6 ( piridoksin ) diharapkan untuk membantu metabolisme protein didalam tubuh, dan membantu memprosuksi sel - sel darah merah.

Sumber - sumber vitamin B6 ( piridoksin ) ini dapat ditemukan hampir pada semua jenis daging - dagingan, ikan, unggas, sayuran dan buah - buahan.

5. Vitamin B12 ( Cobalamin )

Fungsi vitamin B12 ( cobalamin ) ini yaitu untuk membuat sel - sel badan gres dan berperan penting terhadap kesehatan fungsi saraf.

Sumber - sumber vitamin B12 ( cobalamin ) dapat ditemukan hampir pada semua jenis makanan yang berasal dari hewan menyerupai daging, unggas, ikan, seafood, produk olahan susu, susu cair, yoghurt.

Namun uniknya sumber vitamin B12 ( cobalamin )  ini tidak dapat ditemukan dari jenis makanan yang berasal dari tumbuh - tumbuhan.

6. Vitamin C ( Asam askorbat )

Fungsi vitamin C ( asam askorbat ) yaitu untuk membantu dalam proses metabolisme protein, membantu absorpsi protein serta sangat penting sekali terhadap kesehatan sistem kekebalan badan manusia.

Sumber - sumber vitamin C ( asam askorbat ) dapat ditemukan pada banyak sekali macam jenis sayur - sayuran dan buah - buahan terutama pada jeruk, melon, stroberi, pepaya, mangga, tomat, kentang, paprika, kubis dan lain - lain.

Berbeda dengan vitamin B12 yang hanya dapat ditemukan pada jenis makanan yang berasal dari hewan, justru sebaliknya, vitamin C hanya dapat ditemukan pada jenis makanan dari tumbuh - tumbuhan dan tidak dapat ditemukan pada jenis makanan yang berasal dari hewan.

        Seperti yang telah aku jelaskan diatas, bahwa vitamin dibedakan menjadi 2 yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak, setelah mengetahui macam - macam vitamin yang larut didalam air berserta sumber dan fungsinya. Kini aku akan membahas jenis vitamin yang kedua yaitu vitamin yang larut dalam lemak.

Vitamin yang larut dalam lemak

Berbeda dengan vitamin yang dapat larut dengan bebas dengan air didalam tubuh, vitamin yang larut dalam lemak ini dikala masuk kedalam badan cenderung akan disimpan kedalam sel - sel badan dan tidak diekskresikan semudah vitamin yang larut dalam air.

Meskipun badan kita memang memerlukan asupan vitamin yang larut dalam lemak ini dalam dosis yang cukup, namun vitamin yang larut dalam lemak ini juga tidak perlu sering - sering dikonsumsi sesering vitamin yang larut dalam air alasannya bila anda terlalu banyak mengkonsumsi vitamin yang larut dalam lemak, ini mampu memiliki efek racun terhadap badan anda.

Tubuh insan sangat sensitif bila terlalu banyak asupan vitamin A dan vitamin D. Diet yang seimbang biasanya dapat menunjukkan asupan vitamin yang larut dalam lemak dengan dosis yang cukup.

Berikut dibawah ini beberapa jenis vitamin yang larut dalam lemak, lengkap dengan sumber, beserta fungsinya.

Macam - macam vitamin yang larut dalam lemak, sumber beserta fungsinya

1. Vitamin A

Fungsi vitamin A pada badan yaitu untuk kesehatan mata, kesehatan kulit, kesehatan selaput lendir, kesehatan tulang, kesehatan gigi serta kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Sumber - sumber vitamin A dapat anda peroleh dari banyak sekali macam makanan yang berasal dari hewan dan tumbuh - tumbuhan menyerupai susu, keju, krim, mentega, margarin, telur, hati, melon, wortel, labu, ubi jalar dan lain -lain.

2. Vitamin D

Fungsi vitamin D didalam badan yaitu untuk membantu absorpsi kalsium pada tulang dan membantu kesehatan tulang lebih terjaga.

Sumber - sumber vitamin D dapat kita peroleh dari kuning telur, hati, ikan berlemak, susu, dan vitamin D juga dapat kita peroleh dari pancaran sinar matahari.

3. Vitamin E

Fungsi vitamin E yaitu sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang berbahaya bagi badan serta melindungi dinding sel biar tetap sehat, dan sangat baik sekali untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Sumber - sumber vitamin E dapat diperoleh dari banyak sekali macam makanan dari kacang - kacangan, biji - bijian dan sebagian dari hewan, referensi makan tersebut yaitu kacang kedelai, jagung, gandum, kuning telur, hati, dan lain -lain.

4. Vitamin K 

Fungsi vitamin K ternyata sangat penting sekali untuk badan manusia, selain dapat membantu mempercepat pembekuan darah, dikala sel - sel badan rusak, vitamin K juga dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Sumber - sumber vitamin K dapat kalian peroleh dari banyak sekali macam sayuran berdaun hijau, kangkung, kubis, bayam, sawi, brokili, susu kuning telur dan lain -lain.

      Baiklah, itulah tadi artikel wacana macam - macam vitamin, sumber vitamin dan fungsi vitamin, bila kalian ada pertanyaan, jangan sungkan - sungkan untuk berkomentar ya. 😊

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam - Macam Vitamin, Sumber Vitamin dan Fungsi Vitamin"

Post a Comment