Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Rumus Sederhana

Cara

Baik pria maupun wanita tentu saja menginginkan mempunyai berat tubuh yang ideal karena dengan memiliki berat tubuh yang ideal dapat membantu menunjang kehidupan anda sehari-hari, misalnya dapat membuat kepercayaan diri menjadi naik, menjadi syarat pekerjaan tertentu ( model, atlit, polisi, tentara dan lain - lain ).

Selain itu dari segi kacamata medis sangat baik sekali memiliki berat tubuh yang ideal, berat tubuh yang ideal menunjukan bahwa tubuh anda sehat dan tidak kekurangan atau kelebihan nutrisi.

Namun masalahnya mungkin dari sebagian anda masih resah gotong royong bagaimana sih cara menghitung berat tubuh ideal ini ?

Menghitung berat tubuh ideal bukan hanya dengan menimbang tubuh kita menggunakan alat timbangan saja, namun harus dengan metode dan cara yang benar yaitu menggunakan rumus perbandingan antara tinggi tubuh dan berat badan.

Rumus ini mampu anda gunakan sebagai kalkulator untuk menghitung berat tubuh ideal anda dengan tepat, mudah dan akurat.

Penasaran bagaimana cara menghitung berat tubuh ideal yang baik dan benar menggunakan rumus tersebut, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Rumus menghitung berat tubuh ideal yang baik dan benar

Ada 2 macam rumus yang biasanya dipakai oleh para pakar kesehatan dunia untuk menentukan suatu berat tubuh ideal baik pria maupun wanita, rumus tersebut ialah rumus berat tubuh BROCA dan BMI ( Body Mess Index ) .

Untuk pengaplikasian kedua rumus ialah sebagai berikut :

Cara menghitung berat tubuh ideal menggunakan rumus BMI

Rumus BMI ( Body Mess Index ) atau dalam bahasa indonesia berarti rumus Index Massa Tubuh adalah rumus yang paling sering dipakai oleh para pakar kesehatan dunia untuk menentukan berat tubuh ideal seseorang, cara kerjanya yaitu dengan memadukan perhitungan berat tubuh ( kg ) dengan tinggi tubuh ( m ) seseorang sehingga ditemukanlah berat tubuh ideal orang tersebut.

Rumus 
Berat Badan Ideal = Berat Badan (Kg) : (Tinggi tubuh x Tinggi badan)
Contoh :

Anda memiliki berat tubuh 60 kg dengan tinggi tubuh 1.75 m. Berapakah berat tubuh ideal Anda menurut rumus BMI ?

Diketahui :
  • Berat tubuh = 60 kg
  • Tinggi tubuh = 1.75 m
Jawab :

Berat Badan Ideal = Berat Badan (Kg) : (Tinggi tubuh x Tinggi badan)
                              = 60 : ( 1.75 x 1.75 )
                              = 60 :  3.0625
                              = 19.6

Makara nilai skor BMI Anda ialah 19.6

Kemudian untuk nilai skor BMI pada pria maupun wanita tidaklah sama, hasil nilai BMI yang telah anda cari menggunakan rumus diatas memiliki beberapa kriteria sebagai berikut :

Perbandingan standar kriteria nilai skor BMI untuk wanita dan pria

Nilai skor BMI < 18  untuk wanita |  Nilai skor BMI < 17 untuk pria

Nilai skor BMI diatas termasuk dalam kategori under weight, bila anda menerima skor nilai BMI dengan kriteria ibarat ini berarti berat tubuh anda kurus, sebaiknya anda mulai menambah berat tubuh dengan menambah porsi makanan berkarbohidrat namun dengan di imbangi dengan olahraga.


Nilai skor BMI 18 - 25 untuk wanita | Nilai skor BMI 17 - 23 untuk pria

Nilai skor BMI diatas termasuk dalam kategori normal weight, bila anda menerima skor nilai BMI dengan kriteria ibarat ini sangat cantik sekali berarti berat tubuh anda ideal dan anda harus mempertahankan berat tubuh dengan mejalani gaya hidup yang telah anda terapkan sebelumnya.

Nilai skor BMI 25 - 27 untuk wanita | Nilai skor BMI 23 - 27 untuk pria

Nilai skor BMI diatas termasuk dalam kategori over weight, bila anda menerima skor nilai BMI dengan kriteria ibarat ini berarti anda sedang mengalami kegemukan, sehingga koreksilah pola gaya hidup anda dan rajin berolahraga.

Nilai skor BMI > 27 untuk wanita | Nilai skor BMI > 27 untuk pria

Nilai skor BMI diatas termasuk dalam kategori obesitas, bila anda menerima skor nilai BMI dengan kriteria ibarat ini berarti berat tubuh anda sangat gemuk tidak terkendali, oleh karena itu perlu sekali anda menurunkan berat tubuh biar berat tubuh anda menjadi ideal dan tidak mengganggu kesehatan.

Cara menghitung berat tubuh ideal menggunakan rumus BROCHA

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa untuk ada 2 rumus untuk menghitung berat tubuh ideal yaitu rumus BMI dan Brocha, rumus Brocha juga sering menjadi pola para pakar kesehatan dunia untuk menghitung berat tubuh ideal.

Berbeda dengan rumus BMI yang menggunakan data tinggi dan berat badan, pada rumus Brocha ini hanya menggunakan data tinggi tubuh sebagai pola hitungnya.

Lalu bagaimana cara menghitung berat tubuh ideal baik pria dan wanita menggunakan rumus Brocha, berikut dibawah ini akan dijelaskan cara menggunakan rumus Brocha untuk menentukan berat tubuh ideal :

Cara menghitung berat tubuh ideal wanita menggunakan rumus Brocha

Berat tubuh ideal wanita = ( tinggi tubuh - 100 ) - ( 15 % x ( tinggi tubuh - 100 ))
Sebagai contoh misalkan anda memiliki tinggi tubuh 175 cm, berapakah berat tubuh idealnya ?

Berat tubuh ideal wanita = ( 175 - 100 ) - ( 15 % x ( 175 - 100 ) = 75 - 11.25 = 63.75

Makara berat tubuh ideal anda menurut rumus Brocha ialah 63.75 kg.

Sebagai catatan presentasi 15 % pada rumus diatas mampu diubah menjadi 10 % bila seorang wanita merasa sehat dan tubuh dalam kondisi prima.

Cara menghitung berat tubuh ideal pria menggunakan rumus Brocha

Berat tubuh ideal pria = ( tinggi tubuh - 100 ) - ( 10 % x ( tinggi tubuh - 100 ))
Sebagai contoh misalkan tinggi tubuh anda ialah 165 cm, berapakah berat tubuh idealnya ?

Berat tubuh ideal pria = ( 165 - 100 ) - ( 10 % x ( 165 - 100 )) = 65 - 6.5 = 58.5

Makara berat tubuh ideal anda menurut rumus Brocha ialah 58.5 kg.

Baiklah itulah tadi artikel wacana cara menghitung berat tubuh ideal menggunakan rumus BMI dan Brocha yang mampu anda coba sendiri dirumah, semoga artikel ini mampu bermanfaat dan menjadi rujukan untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Rumus Sederhana"

Post a Comment