Cara Melakukan Senam Kegel Beserta Manfaat, Contoh Gerakan dan Gambarnya

Cara

Senam kegel ialah senam yang ditujukan untuk melatih otot-otot panggul adegan bawah. Senam ini dapat membantu mengencangkan otot-otot di bawah rahim, usus besar, kantong kemih dan area organ reproduksi kita.

Senam kegel ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh kita, karena bekerja pada area tubuh adegan bawah, senam ini dapat melatih otot-otot pada tubuh adegan bawah sehingga tidak terjadi problem dan membuat kinerjanya menjadi lebih optimal.

Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini ialah rincian dari manfaat melaksanakan senam kegel tersebut:

Manfaat senam kegel

Secara umum senam kegel bukan hanya bermanfaat untuk wanita tetapi juga untuk pria. Memang kebanyakan kaum wanita yang sering melakukannya, namun bila anda seorang pria, anda juga dapat mencobanya.

Manfaat senam kegel untuk wanita 

1. Merapatkan miss V

Mengendurnya miss V terkadang membuat kita tidak percaya diri didepan suami, problem ini merupakan hal yang wajar, apalagi bila anda gres saja melahirkan. Masalah mengendurnya miss V ini tentu saja tidak mampu anda hindari, namun anda hening saja, karena anda dapat mengatasinya dengan rutin melaksanakan senam kegel.

Senam kegel dapat membantu merapatkan miss V karena gerakan-gerakan yang kita lakukan pada ketika melaksanakan senam kegel, dapat melatih otot miss V menjadi lebih elastis dan fleksibel kembali.

2. Mengatasi kesulitan buang air kecil

Karena suatu problem tertentu terkadang membuat kita kesulitan untuk buang air kecil, biasanya hal ini ditandai dengan adanya sensasi desakan ketika buang air kecil. Dengan rutin melaksanakan senam kegel, problem tersebut berangsur angsur akan membaik.

3. Membantu memperlancar proses persalinan

Rutin melaksanakan senam kegel juga dapat membantu memperlancar proses persalinan yang akan anda lakukan. Karena dengan rutin melaksanakan senam kegel, hal ini akan berdampak terhadap terbentuknya otot panggul yang berpengaruh dan elastis, sehingga dapat bermanfaat untuk membuka jalan lahir dan mencegah terjadinya episiotomi.

Manfaat senam kegel untuk pria

1. Mengatasi kesulitan buang air kecil

Rutin melaksanakan senam kegel dapat membentuk mengatasi kesulitan buang air kecil, hal ini tidak hanya berlaku untuk wanita, namun untuk pria juga. Oleh karena itulah bila anda mengalami kesulitan untuk buang air kecil. Anda dapat mencoba melaksanakan latihan senam kegel ini setiap hari.

2. Meningkatkan kekuatan ereksi

Rutin melaksanakan senam kegel juga dapat membantu ereksi pria menjadi lebih kuat, hal ini karena dengan rutin melaksanakan senam kegel dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah menuju Mr P yang berdampak terhadap meningkatnya kekuatan ereksi menjadi lebih kuat.

3. Mencegah dan mengatasi ejakulai dini

Masalah yang kerap menghantui semua pria ialah problem ejakulasi dini. Namun anda hening saja, karena ternyata dengan rutin melaksanakan senam kegel juga dapat membantu mencegah terjadinya ejakulasi dini, bahkan bila anda sedang mengalami ejakulasi dini, dengan rutin melaksanakan senam kegel merupakan salah satu solusi terbaiknya.

Ejakulasi dini disebabkan oleh melemahnya otot-otot area Mr P sehingga ketahanan dalam mendapatkan rangsangan menjadi terganggu. Namun dengan rutin melaksanakan senam kegel, problem ini tidak akan terjadi. Karena senam kegel dapat membantu melatih otot-otot panggul adegan bawah menjadi lebih fleksibel dan kuat, sehingga hal ini juga dapat berdampak terhadap meningkatnya kekuatan ereksi seorang pria.

4. Menjaga kesehatan prostat

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan prostat ialah dengan rutin melaksanakan senam kegel. Senam kegel dapat membantu melatih otot-otot disekitar prostat, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan prostat semoga kinerjanya tidak terganggu.

5. Mencegah dan mengatasi kencing tidak tuntas

Masalah kencing tidak tuntas memang sungguh sangat menjengkelkan sekali. Hal ini terjadi karena melemahnya otot-otot di sekitar area susukan buang air sehingga kekuatan jalannya air kencing menjadi tidak lancar. Senam kegel dapat membantu melatih kekuatan dan fleksibelitas otot-otot disekitar susukan buang air kecil, sehingga dengan rutin melakuakn senam kegel dapat membantu mencegah dan mengatasi problem kencing yang tidak tuntas.

Setelah mengatahui beberapa manfaat senam kegel, lalu bagaimana cara melaksanakan senam kegel tersebut ?

Berikut dibawah ini akan dijelaskan secara lengkap bagaimana cara melaksanakan senam kegel untuk pria dan wanita beserta tumpuan gerakan dan gambarnya :

Cara melaksanakan senam kegel untuk wanita

Cara
  • Untuk melaksanakan senam kegel bagi wanita. Pertama posisikan tubuh anda tidur terlentang menghadap keatas.
  • Sejajarkan kedua tangan anda lurus menyentuh lantai disamping tubuh anda, telapak tangan menghadap kebawah dan posisi kedua kaki sedikit mengangkang.
  • Kemudian tekuk lutut anda, lalu gunakan telapak kaki, pundak belakang dan kepala belakang sebagai penyangga sambil mengangkat berat tubuh anda keatas. Pertahankan posisi ini selama 5 - 10 detik. Dan ulangi kembali 12 - 14 kali berturut-turut sambil beristirahat disela-sela melakukannya.
  • Anda juga dapat memaksimalkalkan gerakan ini dengan mengangkat ujung kaki sampai menjinjit

Cara melaksanakan senam kegel untuk pria

Cara

Cara melaksanakan senam kegel untuk pria kurang lebih sama dengan wanita. Bahkan tidak ada perbedaannya sama sekali. Namun karena organ reproduksi pria berbeda dengan wanita. Organ reproduksi pria sebagian besar terletak di luar, sehingga sebisa mungkin ketika melaksanakan senam kegel ini posisikan organ reproduksi anda senyaman mungkin.
  • Pertama posisikan tubuh anda tidur terlentang menghadap keatas.
  • Sejajarkan kedua tangan anda lurus menyentuh lantai disamping tubuh anda, telapak tangan menghadap kebawah dan posisi kedua kaki sedikit mengangkang.
  • Kemudian tekuk lutut anda, lalu gunakan telapak kaki, pundak belakang dan kepala belakang sebagai penyangga sambil mengangkat berat tubuh anda keatas. Pertahankan posisi ini selama 5 - 10 detik. Dan ulangi kembali 12 - 14 kali berturut-turut sambil beristirahat disela-sela melakukannya.
  • Anda juga dapat memaksimalkalkan gerakan ini dengan mengangkat ujung kaki sampai menjinjit
  • Dan ketika melaksanakan gerakan senam kegel ini, usahakan jangan mengapit organ reproduksi anda terlalu keras. Berikan ruang yang nyaman untuk organ reproduksi anda. Jika perlu gunakan celana olahraga khusus untuk melindungi organ reproduksi anda.

Tips yang perlu anda perhatikan ketika melaksanakan senam kegel

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari latihan senam kegel tersebut, adan juga perlu memperhatikan beberapa tips dibawah ini:
  • Jangan melaksanakan gerakan senam ini bila anda sedang ingin buang air besar atau buang air kecil. Lepaskan terlebih dahulu, barulah kemudian melaksanakan senam kegel ini. Karena bila anda paksakan hal ini justru tidak baik untuk kandung kemih anda. Waktu terbaik untuk melaksanakan latihan senam kegel ini memang ketika kandung kemih anda kosong.
  • Jangan lupa untuk selalu melemaskan otot panggul bawah anda setelah anda melaksanakan latihan senam kegel ini. Caranya mampu dengan duduk-duduk atau tiduran kalem sebentar setelah anda melaksanakan latihan.
  • Jangan menahan nafas ketika anda sedang melaksanakan senam kegel, usahakan untuk bernafas rileks menyerupai biasanya. Supaya lebih mudah, anda juga dapat menarik nafas panjang sebelum anda melaksanakan kontrasi otot panggul bawah, lalu hembuskan ketika anda melemaskannya.
  • Untuk pria, ketika melaksanakan latihan senam kegel ini, usahakan jangan mengencangkan otot ke arah bawah menyerupai anda ingin buang kecil, tetapi latihan senam kegel ini justru dilakukan dengan mengencangkan otot ke atas, seolah anda sedang menahan kecing.
  • Untuk memperoleh hasil yang maksimal, usahakan lakukan latihan senam kegel ini 1 kali dalam sehari. Jika anda sudah terbiasa anda dapat menambahkan porsi latihan senam kegel tersebut.
  • Jika dalam beberapa bulan, anda belum mendapatkan manfaat yang maksimal sesuai menyerupai yang anda harapkan. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan hebat kesehatan terkait.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Melakukan Senam Kegel Beserta Manfaat, Contoh Gerakan dan Gambarnya"

  1. Tolong artikel yang anda ambil dari www.caramedika.com untuk segera anda hapus semua. Sebelum saya laporkan ke DMCA google agar blog anda di hapus totoal. Saya kasih waktu 3 hari dari sekarang.

    ReplyDelete
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete