16 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat Secara Alami

Cara

Jerawat merupakan dilema kulit yang menjengkelkan sekali, biasanya jerawat menyerang area kulit wajah berbentuk bulat-bulat berwarna merah dan ketika sudah meletus akan menyebabkan bekas jerawat bopeng-bopeng yang enggak enak banget dipandang.

Jenis jerawat biasanya dibagi menjadi dua yaitu jerawat kecil-kecil dan jerawat besar atau biasa disebut dengan jerawat batu.

Jerawat kecil-kecil masih tergolong jerawat yang ringan namun kalau jerawat yang muncul berbentuk besar dan bernanah itu sudah termasuk jenis jerawat kerikil dan susah sekali untuk dihilangkan, kalau perawatannya tidak tepat malah akan menyebabkan bekas jerawat yang berbentuk bopeng-bopeng menyerupai lubang.

Baca juga : Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat secara alami

Tentu anda ingin sekali untuk menghilangkan jerawat ini bukan, selain merusak penampilan, kulit wajah yang terserang jerawat juga terasa tidak nyaman dan risih sekali. untuk itulah anda sangat perlu sekali tips cara ampuh untuk mengatasi dan membersihkan jerawat secara tuntas dengan cara yang mudah yaitu menghilangakn jerawat menggunakan bahan-bahan obat herbal tradisional alami atau secara alami.

Sebelum masuk ke pembahasan perihal cara menghilangkan jerawat secara tradisional alami, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bahwasanya apa sih penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah kita tersebut, supaya kita bisa meminimalisir timbulnya jerawat atau kalau anda ketika ini telah terkena jerawat dengan mengetahui penyebab timbulnya jerawat anda bisa mencegah terjadinya jerawat pada kulit wajah anda lagi di kemudian hari.

Penyebab Timbulnya Jerawat

Jerawat ialah dilema kulit yang umum sekali terjadi pada manusia, timbulnya jerawat biasanya ditandai dengan muncul nya bintik-bintik merah pada episode tubuh misalnya saja wajah, punggung dan dada, namun kasus yang paling sering terjadi ialah jerawat yang timbul pada kulit area wajah.

Hampir 54 % orang di dunia pernah mengalami jerawat, terutama bagi mereka yang sedang mengalami masa remaja, tidak perduli laki-laki atau perempuan sama-sama beresiko terserang jerawat ini, namun ada fakta yang menarik bahwa cukup umur laki-laki cenderung mengalami jerawat dengan skala berat dibandingkan dengan cukup umur perempuan.

Pada umumnya timbulnya jerawat dapat disebabkan oleh banyak sekali faktor baik faktor dari dalam tubuh maupun faktor dari luar tubuh, untuk lebih jelasnya mari kita simak banyak sekali penyebab jerawat yang paling umum sekali menghipnotis timbulnya jerawat pada kulit wajah insan tersebut.

Hormon

Timbulnya jerawat pada kulit wajah insan paling sering terjadi pada remaja, tentu anda sering sekali bukan melihat belum dewasa yang menginjak masa cukup umur tiba-tiba mengalami dilema jerawat ini, timbulnya jerawat pada ketika belum dewasa menginjak cukup umur ini diduga karena faktor meningkatnya hormon testosteron ketika mereka memasuki masa pubetas.

Selain itu ketidakseimbangan hormon juga sering terjadi pada wanita terlebih lagi pada wanita yang sedang menjelang periode menstruainya, sedangkan bagi wanita hamil jerawat akan muncul pada 3 bulan pertama kehamilan.

Keturunan

Jerawat juga dapat timbul karena faktor keturunan, kalau salah satu atau kedua orang renta kita pernah menderita jerawat kemungkinan besar kita juga akan terkana jerawat, bahkan menurut penelitian kalau kedua orang renta kita menderita jerawat yang cukup parah kemungkinan besar kita juga akan menderita jerawat yang lebih parah daripada orang renta kita.

Kosmetik

Kosmetik juga dapat menghipnotis timbulnya jerawat, kasus yang sering terjadi jerawat akhir kosmetik ialah ketika materi yang digunakan oleh kosmetik tidak sesuai dengan jenis kulit wajah atau karena kulit wajah yang terlalu sensitif terhadap bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik tersebut, selain itu pemakaian kosmetik yang berlebihan juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat karena dapat menyumbat pori-pori kulit wajah.

Kebersihan kulit wajah

Kebersihan kulit wajah juga dapat menghipnotis timbulnya jerawat pada kulit wajah anda, umumnya hal ini terjadi karena setelah beraktifitas seharian kulit akan menjadi kotor dan berdebu namun anda tidak membersihkannya sehingga dapat menyebabkan basil dan kuman mudah berkembang biak.

Jenis kulit

Jenis kulit juga dapat menghipnotis timbulnya jerawat pada kulit wajah anda, biasanya jenis kulit yang berminyak lebih beresiko terserang jerawat karena pada kulit yang berminyak abu dan kotoran sangat mudah untuk menempel, oleh karena itu kalau anda memiliki kulit wajah ang berminyak anda harus rajin membersihkannya setiap hari sehabis beraktifitas atau aktivitas lain yang dapat menyebabkan kulit wajah anda menjadi kotor.

Cara Mengobati Jerawat Secara Alami

Banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk membasmi dan membersihkan jerawat ini, anda jangan mudah terpengaruhi oleh iklan-iklan yang ada di televisi perihal produk atau pembersih wajah yang dapat menghilangkan jerawat dengan cepat, namun sebelum anda mengeluarkan biaya yang cukup tinggi untuk menghilangkan jerawat dengan membeli produk-produk tersebut, alangkah baiknya anda mencoba terlebih dahulu cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan-bahan tradisional alami yang telah dipercaya bebuyutan dapat dijadikan obat herbal alami untuk mengobati jerawat sehingga dapat mengatasi jerawat dengan aman.

Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan-bahan tradisional alami, mari kita simak penjelasannya dibawah ini :

Madu

Madu merupakan ramuan alami yang telah dipercaya dari zaman dahulu dapat menyehatkan dan membuat mengagumkan kulit wajah, dan tentunya ternyata madu juga sangat berguna untuk membantu mengobati jerawat yang membandel dari kulit wajah anda karena madu memiliki kandungan zat antibiotik yang sangat tinggi dan bisa mempercepat penyambuhan infeksi serta akhir penyakit kulit maupun dilema kulit lainnya termasuk jerawat.
  • Oleskan madu dikapas lembut.
  • Lalu tempelkan ke episode jerawat yang ada di kulit wajah anda.
  • Diamkan hingga 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas hingga besih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Lidah buaya

Hmm...siapa sangka ternyata tanaman pengecap buaya juga sangat ampuh sekali untuk mengusir jerawat, mungkin selama ini yang anda tahu bahwa pengecap buaya sering digunakan hanya untuk menyuburkan rambut saja namun ternyata tanaman pengecap buaya juga sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan kulit, manfaat pengecap buaya juga dapat meredakan peradangan kulit serta bisa mengurangi produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah anda, menyerupai yang kia tahu bahwa minyak dan abu yang menempel pada kulit wajah merupakan penyabab umum yang dapat menyebabkan jerawat pada kulit wajah.
  • Ambil episode tanaman pengecap buaya secukupnya.
  • Potong pengecap buaya.
  • Ambil dagingnya saja yang berupa gel.
  • Lalu oleskan gel tersebut ke area wajah yang terkena jerawat.
  • Biarkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Tomat

Buah yang satu ini memang memiliki manfaat yang baik sekali untuk kecantikan dan kesehatan kulit, selain dapat menghaluskan kulit wajah ternyata tomat juga sangat berguna sekali untuk membantu mengobati jerawat yang menyerang kulit wajah karena tomat memiliki kandungan yang kaya sekali akan vitamin C dan A sehingga sangat baik sekali untuk kesehatan kulit.
  • Sediakan 2-3 buah tomat.
  • Tumbuk atau blender hingga halus dan pisahkan airnya,
  • Lalu pakailah untuk masker tomat yang sudah anda haluskan tersebut.
  • Diamkan hingga 20 - 30 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Lakukan secara rutin setiap hari.

Lemon

Buah lemon juga dipercaya sangat ampuh sekali untuk membasmi jerawat yang membandel pada kulit wajah anda karena lemon ialah termasuk buah yang kaya sekali akan kandungan vitamin C nya dan lemon juga telah lama dipercaya memiliki manfaat yang baik sekali untuk kecantikan dan kesehatan kulit.
  • Siapkan 2-3 buah lemon.
  • Peras buah lemon lalu ambil airnya.
  • Kemudian oleskan air perasan buah lemon tadi dikapas lembut.
  • Lalu tempelkan kapas ke episode jerawat yang ada di kulit wajah anda.
  • Diamkan hingga 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Mentimun

Selain sering digunakan sebagai masker untuk merawat kulit ternyata menggunakan mentimun sebagai masker wajah juga dapat membantu mengatasi jerawat yang ada pada kulit wajah anda karena selain sehat untuk kulit timun juga memiliki efek anti inflamasi dan anti peradangan yang sangat cocok sekali untuk mengobati jerawat yang mulai memerah merona pada kulit wajah anda.
  • Ambil 1-2 timun.
  • Blender atau tumbuk hingga halus.
  • Pisahkan ampas timun dengan airnya.
  • Kemudian gunakan untuk masker ampas timun tersebut selama 30 - 40 menit.
  • Kemudian bilas dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Daun kemangi

Tanaman yang memiliki aroma sedap ini ternyata memiliki banyak sekali khasiat, selain bisa digunakan sebagai ramuan untuk menghilangkan wangi tubuh ternyata daun kemangi bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati jerawat yang membandel pada kulit wajah kita karena daun kemangi memiliki kandungan anti oksidan, anti inflamasi dan anti basil yang sangat baik sekali untuk untuk kesehatan kulit serta untuk menumpas tuntas jerawat yang tumbuh pada kulit wajah anda.
  • Ambil 10 - 15 helai daun kemangi segar.
  • Kemudian lumat atau tumbuk jangan hingga terlalu halus.
  • Siapkan panci dan masukkan satu gelas air.
  • Kemudian rebus air bersama daun kemangi hingga tercium aroma.
  • Biarkan masbodoh terlebih dahulu.
  • Kemudian celupkan kapas ke dalam ramuan daun kemangi tersebut dan oleskan ke episode area kulit wajah yang terserang jerawat.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Jeruk nipis

Nah...buah yang satu ini masih termasuk keluarganya buah lemon, memiliki khasiat yang sama dengan buah lemon untuk membantu mengobati jerawat yang membandel dari kulit wajah dan juga merupakan buah yang sangat baik sekali untuk kecantikan dan kesehatan kulit karena tingginya vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk nipis tersebut.
  • Siapkan 1 - 2 buah jeruk nipis.
  • Potong lalu peras, ambil airnya saja.
  • Kemudian campurkan dengan madu 1 - 2 sendok.
  • Lalu oleskan pada area wajah yang terserang jerawat.
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Lalu bilas dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Alpukat

Buah yang satu ini memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan kulit karena buah alpukat sangat kaya sekali akan kandungan viatamin E nya yang sangat baik sekali untuk kesehatan kulit, menghindarkan kulit dari iritasi serta peradangan.
  • Siapkan buah alpukat setengah potong saja.
  • Lalu blender atau tumbuk buah alpukat.
  • Campurkan dengan 1 sendok madu dan 1 sendok air perasan jeruk nipis.
  • Aduk hingga merata.
  • Lalu oleskan ramuan tersebut ke episode kulit wajah yang tumbuh jerawat.
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas dengan air bersih. 
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Stroberi

Buah stroberi memang tergolong buah yang langka, mungkin anda hanya bisa menemukan buah ini di beberapa supermarket besar, namun tahukah anda bahwa buah stroberi ini ternyata sangat bermanfaat sekali untuk mengobati jerawat karena buah stroberi banyak mengandung asam salicyclic yang mampu merangsang epidermis atau lapisan atas kulit untuk melepaskan sel-sel kulit yang rusak dengan cepat, zat salicyclic ini juga dapat mendorong perkembangan sel-sel kulit gres dan mencegah terjadinya infeksi akhir jerawat.
  • Siapkan 1 buah stroberi.
  • Lalu tubuk atau blender hingga halus.
  • Campurkan dengan 1 sendok madu.
  • Aduk hingga merata.
  • Kemudian oleskan ramuan tersebut ke episode kulit wajah yang terserang jerawat.
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas wajah anda hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Kunyit

Tahukah anda bahwa kunyit yang sehari-hari kita gunakan sebagai bumbu dapur untuk aneka kuliner ternyata memiliki khasiat yang baik sekali untuk kesehatan kulit terutama untuk membantu memasmi jerawat yang membandel pada kulit wajah anda, kulit memiliki sifat anti jamur dan anti basil jang dapat menangkal perkembangan jerawat pada kulit wajah anda, selain itu kunyit juga memiliki senyawa aktif yang disebut curcumin yang memiliki sifat anti inflamasi yang bisa meringankan rasa sakit dan dan ketidaknyamanan serta menyembuhkan peradangan akhir jerawat.
  • Siapkan 1 - 2 potong kunyit.
  • Lalu blender atau tumbuk kunyit hingga halus.
  • Kemudian oleskan pada episode area kulit wajah yang terserang jerawat.
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilsa area wajah anda hingga bersih.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

Wortel

Wortel merupakan jenis sayur dengan kandungan vitamin A yang sangat tinggi sekali, selain itu wortel juga banyak mengandung karoten dan vitamin-vitamin lain yang bermanfaat untuk kesehatan terutama untuk kesehatan kulit, kalau anda galau mencari solusi untuk membantu mengobati jerawat. wortel ini bisa anda gunakan sebagai alternatifnya karena vitamin dan karoten pada wortel telah lama digunakan sebagai kandungan utama dari beberapa obat jerawat di Amerika yang biasa dikenal sebagai isotretonion, tretinoin, retinoid dan masih banyak lainnya.
  • Ambil setengah potong wortel atau secukupnya.
  • Kemudian blender hingga halus.
  • Lalu campurkan dengan satu sendok minyak zaitu.
  • Aduk hingga merata.
  • Lalu oleskan kebagian area kulit wajah yang terserang jerawat.
  • Diamkan selama 20 -30 menit.
  • Kemudian bilas kulit wajah hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Kulit pisang

Jika anda suka memakan buah pisang jangan hingga anda hiraukan kulitnya, ternyata kulit buah pisang ini sangat ampuh sekali untuk membantu mengobati jerawat dari kulit wajah anda, kulit pisang ini mengandung zat antioksidan yang disebut lutein, zat ini bisa mengatasi dilema kulit akhir jerawat misalnya saja pembengkakan, peradangan dan mendorong pertumbuhan sel-sel kulit gres yang sehat.
  • Potong kecil-kecil kulit buah pisang hingga seukuran lebih besar dari jerawat anda.
  • Kemudian oleskan potongan kulit buah pisang yang berwarna putih tersebut ke episode bundaran jerawat secara melingkar dari samping permukaan bulatan jerawat, ingat jangan hingga anda menekan jerawat tersebut.
  • Lakukan cara ini untuk setiap episode jerawat.
  • Biarkan selama 20 - 30 menit.
  • Kemudian bilas wajah anda hingga bersih.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

Es batu

Selain murah dan mudah untuk mendapatkanya, es kerikil ini memiliki manfaat yang banyak sekali untuk kesehatan kulit, es kerikil bermanfaat sebagai relaksasi kulit dan membantu mengurangi rasa sakit akhir peradangan kulit yang disebabkan oleh jerawat, lalu es kerikil juga dapat membantu membersihkan kulit dari kotoran dan minyak yang menempel dengan mudah dan praktis.
  • Cuci bersih terlebih dahulu area kulit wajah anda lalu keringkan.
  • Ambil es kerikil dengan ukuran sedang kemudian bungkus menggunakan handuk lembut.
  • Kompres area kulit wajah anda dengan mengoleskan handuk yang sudah diberi es kerikil tadi secara merata ke area kulit wajah anda yang di tumbuhi jerawat.
  • Kemudian rasakan sensasinya.
  • Gunakan cara ini secara rutin setiap hari.

Air putih

Air putih merupakan air yang menyehatkan tubuh, karena tubuh kita tersusun dari 60 -70 % air maka air sangat diharapkan sekali oleh tubuh anda, dengan banyak minum air putih minimal 8 gelas per hari dapat melancarkan metabolisme tubuh anda sehingga tubuh bisa secara maksimal membuang racun dari tubuh anda. Karena jerawat bisa saja tumbuh karena timbunan racun dari tubuh anda yang belum ter sekresi tepat sehingga memunculkan efek samping berupa jerawat, karena sejatinya jerawat bukan hanya terjadi pada area kulit wajah namun bisa juga timbul pada seluruh tubuh anda namun jumlahnya saja yang berbeda.

Oleh karena itu usahakan selalu mengkonsumsi air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda, usulan yang tepat untuk mengkonsumsi air putih yaitu 8 - 10 gelas ( 1 gelas = 240 ml ) air setiap hari.

Putih telur

Selain enak untuk disantap sebagai lauk ternyata telur juga sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan kulit, namun anda jangan hingga salah sangka karena episode telur yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit khususnya untuk membantu mengobati jerawat pada kulit wajah ialah episode telur khusus episode putih telurnya saja karena menurut penelitian puih telur kaya akan kandungan asam amino dan vitamin yang bermanfaat sekali untuk membunuh jerawat dan membantu mempercepat proses regenasi sel-sel kulit yang rusak.
  • Ambil 2 butir telur kemudian pisahkan antara kuning dan putih telurnya.
  • Aduk-aduk putih telur tersebut.
  • Kemudian oleskan ke episode wajah yang terkena jerawat.
  • Tungu hingga kering kemudian bersihkan.
  • Ulangi hinga 3-4 kali.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Cuka sari apel

Mungkin anda sedikit kurang familiar dengan cuka sari apel ini, namun tidak ada salahnya anda mencoba mendapatkannya bisa mencari di pasar atau supermarket terdekat di kota anda, cuka sari apel ini ternyata juga sangat ampuh sekali untuk membantu mengatasi dilema jerawat ini, cuka sari apel memiliki sifat anti basil dan anti septik yang baik sekali untuk menghilangkan basil yang bersarang pada pori-pori kulit wajah anda, menyerupai yang kita ketahui bahwa basil yang bersarang pada pori-pori kulit ini lah salah satu penyabab timbulnya jerawat pada kulit wajah anda, selain itu cuka sari pael juga mengandung asam amino, anti oksidan, asam asetat, asam karbol, aldehida, keton, enzim, mineral dan vitamin penting yang diharapkan tubuh dan untuk membantu mencegah timbulnya herawat.
  • Siapkan gelas 100 ml.
  • Campurkan air bersih dan cuka apel dengan perbandingan 3 : 1.
  • Aduk hingga merata.
  • Lalu teteskan campuran ramuan tersebut ke kapas lembut.
  • Dan oleskan ke episode wajah yang terserang jerawat.
  • Diamkan jangan terlalu lama cukup 15 - 20 menit.
  • Kemudian bilas kulit wajah menggunakan air hingga bersih.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

Tips mencegah supaya jerawat tidak timbul kembali

Namun dengan mencoba mengobati jerawat bukan berarti peperangan anda melawan jerawat tamat hingga disini, selain harus mengobati jerawat anda juga harus mengetahui tips mencegah supaya jerawat tidak muncul kembali pada area kulit wajah anda, dan bagi anda yang belum pernah terkena jerawat tips ini bisa juga anda terapkan untuk tetap menjaga kulit wajah anda terhindar dari jerawat selama-lamanya.

Baca juga : Perawatan wajah berjerawat
  • Selalu bersihkan kulit wajah anda setelah tamat berkatifitas untuk mencegah berkembangnya basil pada area kulit wajah anda yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat, anda bisa membersihkan kulit wajah anda menggunakan pembersih yang cocok dan sesuai dengan kulit wajah anda.
  • Jika telah timbul jerawat jangan hingga memencet jerawat tersebut, karena kalau jerawat dipencet, kulit area jerawat tersebut akan mengalami peradangan sehingga malah akan semakin sakit dan membengkak.
  • Hindari makanan yang dapat menyababkan meningkat kelenjar minyak pada kulit anda, sebetulnya belum ada penelitian khusus yang menyebutkan bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan resiko timbulnya jerawat, namun karena minyak yang berlebih bercampur dengan kotoran dan basil pada kulit bisa meningkatkan resiko berkembangnya jerawat sebaiknya anda menghindari banyak sekali macam manakan yang dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak pada kulit anda tersebut, misalnya saja makanan berlemak, junk food dan lain sebagainya.
Baiklah itulah tadi artikel perihal cara menghilangkan jerawat dengan cepat secara tradisional alami, semoga bisa bermanfaat dan menjadi tumpuan untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "16 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat Secara Alami"

Post a Comment