Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas

Cara

Penyebab dan cara mengatasi kulit kering mengelupas -  Kulit kering biasanya disertai dengan persoalan kulit mengelupas, agresif dan bersisik, tentu saja hal ini sangat buruk sekali bagi kecantikan dan kesehatan kulit, apalagi kalau persoalan kulit kering dan mengelupas ini terjadi pada wajah pasti akan merusak penampilan anda.

Kulit kering dan mengelupas bukan hanya terjadi pada kulit wajah, tetapi mampu juga terjadi pada kulit adegan badan lainnya misalnya pada kulit telapak tangan, kepal, hidung, kaki, di sekitar bibir, di selangkangan dan adegan kulit badan lainnya.

Penyebab terjadinya kulit kering ini ditandai dengan munculnya iritasi, rasa gatal, perih dan ruam pada kulit, kalau persoalan tersebut tidak cepat-cepat anda atasi lama kelamaan kulit menjadi bersisik dan mengelupas.

Jika anda ingin mengatasi persoalan kulit kering dan mengelupas perlu perhatian khusus pada kulit dengan menghindari banyak sekali penyebab timbulnya persoalan kulit kering dan mengelupas ini.

Berikut dibawah ini yakni banyak sekali macam penyebab kulit kering dan mengelupas yang perlu anda ketahui.

Penyebab kulit kering dan mengelupas

Terbakar sinar matahari

Penyebab kulit kering dan mengelupas yang paling umum sekali terjadi yakni karena kulit terbakar sinar matahari. Sinar ultraviolet ini pada suatu waktu memang bermanfaat untuk kesehatan badan tetapi pada suatu waktu tertentu juga dapat mengganggu kesehatan badan terutama kesehatan kulit.

Pancaran sinar matahari eksklusif dalam durasi yang relatif lama akan dapat membuat kulit anda menjadi kering dan lama kelamaan akan bersisik dan mengelupas, apalagi kalau anda yakni orang yang aktif bekerja diluar rumah, persoalan kulit terbakar sinar matahri ini pasti sering anda alami.

Sebelum kulit mengelupas setelah beberapa jam terkana pancaran sinar matahari biasanya kulit akan memerah, sakit dan panas pada ketika terkena sentuhan, dan setelah beberapa hari kemudian kulit akan mengalami kondisi kering dan mengelupas, persoalan ini biasanya juga menyebabkan warna kulit tidak merata dan terlihat ibarat berpola belang-beleng.

Jenis kulit kering

Apalagi kalau anda memiliki jenis kulit yang kering, resiko kulit mengelupas tanggapan pancaran sinar matahari lebih tinggi.

Kesalahan dalam pemakaian cream kosmetik

Kulit kering dan mengelupas mampu juga terjadi karena kesalahan anda dalam memakai cream kosmetik, hal ini terjadi karena kandungan kimia dalam cream kosmetik tersebut bereaksi buruk terhadap jenis kulit wajah anda atau cream kosmetik tersebut tidak cocok dengan jenis kulit wajah anda.

Alergi

Alergi juga merupakan penyebab umum yang sering menjadikan persoalan kulit kering dan mengelupas, hal ini terjadi kalau kulit bersentuhan dengan zat pemicu alergi ( alergen ) sehingga membuat kulit menjadi bereaksi.

Bukan cuma ketika bersentuhan dengan alergen, alergi juga dapat timbul ketika anda salah makan sesuatu, misalnya alergi terhadap makanan laut, makanan yang asin-asin atau makanan tertentu lainnya.

Reaksi kulit yang terkena alergi juga bermacam-macam bisanya kulit mejadi ruam, gatal-gatal dan melepuh.

Efek samping obat-obatan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa mengkonsumsi obat-obatan dapat menyebabkan efek samping, dan efek samping obat-obatan terhadap badan pun berbeda-beda.

Beberapa jenis obat-obatan ibarat krim retinoid memiliki efek samping membuat kulit menjadi kering dan mengelupas, jenis krim retinoid ini biasanya digunakan untuk mengobati jerawat, kerutan pada wajah, dan untuk mencerahkan flek-flek hitam pada wajah.

Krim retinoid bekerja dengan mendorong sel-sel kulit mati untuk beregenerasi sehingga membuat kulit menjadi kering dan mengelupas semoga tumbuh sel-sel kulit baru.

Terlalu sering menggunakan pendingin ruangan

Terlalu sering menggunakan pendingin ruangan ( AC ) juga dapat menyebabkan persoalan kulit kering dan mengelupas, namun dalam banyak kasus yang ditamukan, penggunakan AC memang banyak menyebabkan kulit menjadi kering karena kulit kehilangan pelembab alaminya namun tidak hingga membuat kulit hingga mengelupas.

Itulah tadi beberapa penyebab umum kulit kering dan mengelupas. Setelah mengetahui banyak sekali penyebab kulit menjadi kering dan mengelupas lalu bagaimana cara mengatasi kulit kering dan mengelupas tersebut ?

Tips cara mengatasi kulit kering dan mengelupas

Beda penyebab tentu saja beda solusinya, namun penanganan umum yang pertama kali harus anda lakukan kalau anda mengalami persoalan kulit kering dan mengelupas yakni sebagai berikut.
  • Kompres kulit kering dan mengelupas menggunakan air cuek atau air es secara berkala, mampu menggunakan handuk lembut atau kain lembut lainnya.
  • Rutin menggoleskan pelembab kulit semoga kulit tidak selalu kering. Solusi terbaiknya untuk pelembab anda dapat membuat pelembab alami sendiri dengan memanfaatkan materi - materi alami yang dapat anda temukan dengan mudah disekitar rumah anda, selain dapat melembabkan kulit, materi - materi alami juga dapat membantu menutrisi kulit anda, sehingga kulit anda menjadi lebih sehat.
  • Banyak mengkonsumsi air putih semoga kelembapan kulit tetap terjaga.
  • Jika kulit terasa panas dan sakit anda mampu merdakannya dengan membeli obat penghilang rasa sakit di apotik terdekat.
Dan untuk penanganan khusus terhadap kulit kering dan mengelupas berdasarkan penyebabnya mampu anda perhatikan ibarat dibawah ini.

Akibat pancaran sinar matahari

Kulit kering dan mengelupas karena efek pancaran sinar matahari memang sering sekali terjadi, sehingga dibutuhkan pemberian pertama serta perawatan intensif terhadap kulit yang terbakar sinar matahari semoga kulit tidak menjadi kering dan mengelupas bahkan kalau penangannya tidak optimal pancaran sinar matahari terhadap kulit juga dapat menjadikan iritasi dan peradangan serius, untuk solusi terbaiknya sudah caramedika bahas pada artikel sebelumnya perihal cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari.

Akibat alergi

Alergi memang persoalan yang komplek sekali, biasanya persoalan kulit kering dan mengelupas tanggapan alergi terjadi pada beberapa orang saja, solusi terbaiknya yakni dengan menghindari banyak sekali penyebab alergi yang sering anda alami 

Atau anda mampu menggunakan obat-obatan jenis antihistamin untuk menekan persoalan alergi yang sedang anda alami, namun kalau persoalan tetap saja berlanjut sangat disarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter atau hebat kesehatan terkait.

Akibat jenis kulit dan kesalahan dalam pemakain cream kosmetik

Kulit kering dan mengelupas tanggapan kesalahan dalam pemakain cream kosmetik sangat erat kaitannya dengan jenis kulit, oleh karena itu sangat disarankan sekali bagi anda untuk memilih cream kosmetik yang benar-benar cocok untuk jenis kulit wajah anda, kalau tidak persoalan kulit kering dan mengelupas mampu saja terjadi karena efek samping yang timbul tanggapan tidak cocoknya jenis kulit wajah anda dengan kandungan pada kosmetik.

Solusi terbaik kalau anda mengalami persoalan kulit kering dan mengelupas tanggapan cream kosmetik yakni dengan berhenti menggunakan produk cream kosmetik tersebut, biarkan kulit anda dalam keadaan netral dalam beberapa hari lalu lihat apakah persoalan kulit wajah kering dan mengelupas tetap saja berlanjut.

Jika persoalan kulit wajah kering dan mengelupas tanggapan cream kosmetik tetap saja berlanjut walaupun anda telah berhenti menggunakan cream kosmetik tersebut, sangat disarankan sekali bagi anda untuk berkonsultasi dengan dokter seorang hebat kulit terkait.

Akibat efek samping obat-obatan

Kulit kering dan mengelupas tanggapan efek samping obat-obatan merupakan persoalan medis yang serius, biasanya hal pertama yang harus anda lakukan kalau persoalan ini terjadi yakni dengan menghentikan pemakaian obat-obatan tersebut namun untuk lebih baiknya sangat disarankan sekali bagi anda untuk berkonsultasi dengan dokter terkait.

Terlalu sering menggunakan pendingin ruangan

Jika anda mengalami persoalan kulit kering dan mengelupas yang diakibatkan oleh pendingin ruangan, sangat disarankan sekali untuk mengurangi pemakaian pendingin ruangan tersebut, kalau anda terbiasa tidur dengan menggunakan pendingin ruangan lebih baik anda mensetting waktu nonaktif pada pendingin ruangan anda. Atau anda juga dapat mengakalinya dengan membuat rumah yang memiliki banyak jendela.

Selagi anda mengalami persoalan kulit kering dan mengelupas semoga persoalan tidak semakin buruk dan berlanjut anda juga wajib menghindari menghindari beberapa hal berikut ibarat pancaran sinar matahari langsung, memakai sabun, produk kecantikan kimia berbahan keras ( ibarat pemutih kulit, perontok bulu, cream penghilang abses ), air panas, zat asam, cuaca ekstrim, pendingin ruangan dan sesuatu yang beresiko memperparah persoalan kulit kering dan mengelupas lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas"

Post a Comment