Manfaat dan Cara Membuat Masker Kunyit

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu materi alami yang telah banyak kita manfaatkan untuk keperluan sehari - hari. Di India dan China kunyit banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan banyak sekali penyakit. Sedangkan di Indonesia kunyit sering dimanfaatkan untuk jamu tradisional dan bumbu kuliner.

Walaupun secara umum kunyit sering dimanfaatkan untuk masakan dan pengobatan alami, namun dibalik itu semua ternyata kunyit juga menyimpan beribu manfaat yang luar biasa sekali terhadap kecantikan, khususnya untuk kecantikan kulit wajah.

Jika anda ingin menerima manfaat aktual dari kunyit ini, membuatnya sebagai masker yaitu pilihaan yang tepat. Dengan menggunakan masker kunyit anda dapat dengan mudah mengaplikasikannya secara pribadi pada kulit wajah anda.

Berikut beberapa manfaat masker kulit terhadap kecantikan kulit beserta cara membuatnya :

Manfaat dan cara membuat masker kunyit

1. Masker kunyit dapat menghilangkan bisul dan bekas jerawat

Masker kunyit ternyata sangat ampuh sekali untuk mengatasi jerawat, bahkan bekas bisul yang hitam, bopeng-bopeng dan kemerahan pun dapat dengan mudah dibersihkan. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung sifat anti inflamasi dan sifat antibakteri. Kedua kandungan ini secara aktif dapat membantu membunuh basil penyebab jerawat, menghilangkan noda bisul serta mempercepat proses regenerasi sel - sel kulit wajah yang rusak akhir jerawat.

Jika kalian mengalami problem wajah berjerawat, masker kunyit ini sangat cocok sekali untuk membantu menghilangkannya, cara membuatnya juga sangat mudah sekali.
  • Siapkan 1 sendok makan debu kunyit dan 1 sendok teh debu cendana.
  • Campurkan kedua materi diatas dengan sedikit air hangat, dan aduk hingga membentuk pasta tebal.
  • Lalu gunakan ramuan diatas sebagai masker wajah pada malam hari.
  • Diamkan selama 20 - 30 menit.
  • Lalu membilasnya menggunakan air biasa hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari hingga bisul benar - benar pergi dari wajah anda.

2. Masker kunyit dapat mencerahkan wajah

Ingin memiliki wajah yang cerah bersinar, masker kunyit yaitu solusinya. Masker kunyit telah dikenal luas dapat membantu mencerahkan wajah dan membuat wajah tampak lebih putih bersinar, bahkan dalam tradisi ijab kabul di India, pengantin di India telah lama menggunakan masker wajah dari kunyit untuk membantu membersihkan dan mencerahkan wajah mereka sebelum hari pernikahan.

Hal ini juga telah dibahas dalam situs Dr. Josh Axe bahwa kunyit memang sangat bermanfaat sekali untuk membantu mencerahkan kulit wajah dan membuatnya tampak putih bersinar, melalui sifat anti inflamasi dan sifat pengelupasan yang terdapat pada kunyit.

Selanjutnya menurut Dr. Josh Axe, Membuat masker kunyit untuk membantu mencerahkan wajah juga sangat mudah sekali.
  • Siapkan 1/2 sendok teh debu kunyit, 1/2 sendok teh cuka sari apel organik, 1 sendok makan madu alami, 1/2 sendok teh susu atau yoghurt dan 1 tetes air perasan lemon.
  • Kemudian campur semua materi diatas menjadi satu pada mangkok kecil dan mengaduknya hingga merata.
  • Masker pun telah jadi dan telah siap untuk digunakan.
  • Sebelum memakai masker usahakan untuk membersihkan wajah anda terlebih dahulu dari debu, kotoran atau make up yang ada pada wajah anda.
  • Lalu terapkan masker tersebut pada wajah anda secara merata dan hindari semoga tidak hingga terkena mata.
  • Biarkan masker berada pada wajah anda selama 15 - 20 menit.
  • Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.
  • Lakukan perawatan dengan masker ini secara rutin 2 kali dalam seminggu.
  • Jika anda masih memiliki kelebihan masker yang anda buat, anda dapat menyimpannya pada lemari pendingin dirumah anda.

3. Masker kunyit dapat membantu menghilangkan bekas luka

Memiliki bekas luka yang hitam tentu saja sangat buruk sekali untuk penampilan apalagi kalau bekas luka tersebut terjadi pada area wajah, namun anda damai saja sebab untuk menghilangkan bekas luka tersebut ternyata sangat mudah sekali yaitu dengan menggunakan masker kunyit.

Masker kunyit dapat membantu menghilangkan bekas luka sebab menurut penelitian EGF and curcumin co-encapsulated nanoparticle curcumin yang ditemukan pada kunyit memiliki sifat antijamur, antibakteri, antikanker dan antioksidan. Penelitian telah menyimpulkan bahwa aplikasi topikal OFA curcumin dapat melindungi jaringan kulit, dan secara signifikan dapat membantu meningkatkan pembentukan ulang dan regenerasi jaringan. Efek ini kemudian dapat melindungi sel dari kerusakan oksidatif serta menurunkan peradangan.

Penelitian juga menyebutkan bahwa perawatan bekas luka dengan menggunakan kunyit secara signifikan dapat meningkatkan penutupan luka dengan meningkatkan pembentukan The jaringan granulasi, merangsang pembentukan pembuluh darah gres dan meningkatkan deposisi kolagen.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kunyit bukan saja bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka namun juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka baru.
  • Untuk membuat perawatan luka dan bekas luka tersebut anda dapat menyiapkan 1 sendok debu kunyit.
  • Lalu mencampurnya dengan sedikit air hangat hingga membentuk pasta tebal.
  • Lalu menerapkannya secara pribadi pada luka atau bekas luka yang sedang anda alami.
  • Dan diamkan hingga mengering.
  • Selain dengan menggunakan debu kunyit, anda juga dapat secara pribadi menggunakan kunyit dengan ditumbuk atau diblender.

4. Masker kunyit dapat dijadikan perawatan anti penuaan dini

Memiliki kulit yang selalu cantik, sehat dan kencang merupakan cita-cita semua orang, hal ini bukanlah kisah belaka sebab masker kunyit dapat mewujudkan itu semua.

Salah satu manfaat kunyit yang paling menarik yaitu sifat anti penuaan dini yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan curcumin yang terkandung pada kunyit secara aktif dapat meningkatkan aktifitas perbaikan DNA dan enzim detoksifikasi yang kemudian memicu meningkatnya produksi kolagen dan pembuluh darah baru.

Untuk menerima manfaat kunyit sebagai biro anti penuaan dini, anda dapat membuatnya sebagai masker wajah alami atau mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

Untuk membuat masker wajah alami dari kunyit, anda dapat menyiapkan 1/2 sendok teh debu kunyit dan 1/2 sendok teh madu, campurkan kedua materi diatas lalu terapkan secara pribadi pada kulit wajah anda sebagi masker yang dapat anda pakai setiap hari. Diamkan selama 20 - 30 menit, lalu membilasnya menggunakan air hangat hingga bersih.

Sedangkan untuk mengkonsumsinya anda dapat mencampurkan kunyit dengan banyak sekali aneka masakan atau dengan membuatnya menjadi minuman jamu sehat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat dan Cara Membuat Masker Kunyit"