Cara Merawat Kuku yang Baik dan Benar

Kuku

Kuku merupakan episode badan insan yang keberadaannya sering sekali diabaikan, maka tidak heran bila kuku kerap kali mengalami aneka macam persoalan menyerupai kuku menjadi mudah rapuh, kuku menjadi mudah lepas, kuku berubah warna menjadi kekuningan dan masalah-masalah pada kuku lainnya.

Penyebab persoalan yang terjadi pada kuku tersebut bervariasi sekali, misalnya akhir bisul jamur, bisul bakteri, terkena benda keras, terkontaminasi materi kimia ( deterjen ) dan lain sebagainya.

Jika anda ingin memiliki kuku yang bagus dan sehat, perawatan kuku secara rutin wajib sekali anda lakukan. Agar kuku dapat tumbuh sehat, kuat dan terhindar dari masalah-masalah yang dapat menimpanya.

Yuk kenali beberapa cara merawat kuku yang baik dan benar dibawah ini :

Usahakan kuku tetap kering

Menjaga kuku tetap kering merupakan langkah merawat kuku yang paling penting sekali untuk anda perhatikan. Karena hal ini dapat membantu mencegah kuku anda terkontaminasi dengan aneka macam macam kuman dan basil yang terdapat pada air, sehingga mereka tidak dapat tumbuh disela-sela kuku anda yang kemudian dapat menjadikan aneka macam kerusakan pada kuku.

Tips untuk menghindarikan kuku anda dari air. Untuk tangan, usahakan selalu gunakan sarung tangan sedangkan untuk kaki usahakan selalu menggunakan sepatu anti air. Jika memang harus beraktifitas bersama air.

Bersihkan kuku secara rutin

Tidak hanya melalui air, kuman dan basil penyebab persoalan pada kuku juga dapat terkontaminasi ke kuku kita melalui abu dan kotoran. Hal ini bukan hanya mengancam kesehatan kuku anda saja, namun juga dapat mengancam kesehatan badan anda juga. kuman dan basil ini dapat menyebar ke badan ketika anda sedang makan atau menyiapkan makanan menggunakan tangan anda yang kotor.

Oleh alasannya itulah, bila anda tidak ingin mengalami persoalan tersebut, usahakan untuk selalu membersihkan kuku anda secara rutin terutama di sela-sela kuku anda.

Tips untuk membersihkan kuku :
  • Pertama bersihkan kuku anda, baik itu kuku kaki maupun kuku tangan, gunakan sikat lembut dan cairan anti septik, gosok menyeluruh area kuku termasuk sela-sela kuku anda hingga bersih.
  • Kemudian keringkan menggunakan pengering atau handuk.
  • Dan akhiri dengan mengoleskan pelembab pada kuku anda.
  • Perawatan ini mampu anda lakukan bila anda merasa kuku anda kotor atau setelah beraktifitas di luar ruangan.

Potong kuku secara teratur

Memiliki kuku yang panjang memang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi seseorang, namun perawatan kuku panjang cenderung lebih ribet dibandingkan dengan kuku yang pendek.

Jika anda ingin memotong kuku, gunakan gunting atau catut kuku yang tajam:
  • Pertama, potong kuku anda lurus, untuk menentukan panjang kuku yang ingin anda potong.
  • Kemudian rapikan dengan memotong pinggir kuku juga.

Perhatikan asupan gizi anda

Jika anda menginginkan kuku yang sehat dan kuat, asupan gizi juga penting sekali anda perhatikan. Terutama untuk asupan protein dan biotin.

Protein merupakan salah satu struktur pembentuk jaringan kuku sehingga sangat berpengeruh besar terhadap pertumbuhan dan kesehatan kuku. Untuk pilhan makanan yang banyak mengandung protein anda dapat mengkonsumsi daging, ikan tuna, telur, keju, kacang-kacangan, dan aneka macam macam makanan yang banyak mengandung protein lainnya.

Selain dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, asupan gizi lainnya yang kuat besar terhadap kesehatan kuku yakni biotin. Beberapa penelitian menawarkan bahwa biotin dapat membantu memperkuat kuku dan menghindarkan kuku dari persoalan kerapuhan dan kerusakan.

Untuk pilihan makanan yang banyak mengandung biotin, anda dapat mengkonsumsi keju, gandum,wortel, jamur, kalkun, ikan tuna, alpukat, salmon, telur, hati sapi, kembang kol, buah beri, sarden dan aneka macam macam makanan yang mengandung biotin lainnya.

Hindari kebiasaan menggigit kuku

Kebiasaan menggigit kuku ini merupakan kebiasaan yang sangat buruk sekali, karena dapat berdampak buruk terhadap kesehatan anda, selain berdampak terhadap kesehatan kuku, kebiasaan menggigit kuku ini juga dapat berdampak buruk terhadap kesehatan badan anda.

Kebiasaan menggigit kuku dapat merusak struktur kuku sehingga kuku sulit untuk tumbuh normal, sedangkan bila anda sering menggigit kuku, dikhawatirkan basil dan kuman yang bersarang pada kuku dapat dengan mudah masuk kedalam badan anda melalui verbal sehingga dapat menjadikan aneka macam macam penyakit berbahaya menyerupai diare, sakit perut, dan penyakit lainnya.

Sebenarnya kebiasaan menggigit kuku ini merupakan salah satu kelain psikologi seseorang, misalnya ketika anda merasa gugup, takut, aib atau tidak percaya diri, verbal anda secara reflek akan menggigit kuku bahkan tanpa anda sadari sama sekali.

Untuk menghentikan kebiasaan ini, perlu kesadaran penuh dari diri anda sendiri untuk tidak melakukannya lagi, berikan janji kepada diri anda sendiri untuk berhenti dari kebiasaan ini, bila anda merasa gugup, takut, aib atau tidak percaya diri alihkan perhatian anda dengan kebiasaan lain. Atau anda juga dapat mensiasatinya dengan mengoleskan cairan yang memiliki rasa pahit, asin, masam atau cairan dengan rasa lainnya sehingga ketika kebiasaan itu datang anda sadar betul tengah mengalaminya, sehingga dapat cepat-cepat menghentikannya.

Hindari terlalu sering menggunakan cat kuku yang mengandung materi kimia

Penggunaan cat kuku yang terlalu sering dan berlebihan juga sangat tidak baik sekali terhadap kuku, karena kebanyakan cat kuku yang beredar pada ketika ini mengandung materi kimia, bila anda memakainya terlalu sering dapat membuat kuku mudah rapuh dan rusak. Bukan hanya cat kuku saja yang banyak mengandung zat kimia, cairan pembersih cat kuku juga banyak mengandung zat kimia yang dapat merusak kuku anda.

Solusinya coba anda beralih dengan menggunakan cat kuku alami yang tidak mengandung materi kimia sama sekali, misalnya dengan menggunakan heina, kembang pacar, buah bit dan pewarna kuku alami lainnya.

Segera obati sela-sela kuku dan pangkal kuku anda bila terjadi persoalan infeksi, luka atau peradangan

Daerah sela-sela kuku dan pangkal kuku sangat sensitif sekali terhadap infeksi, luka atau peradangan. Jika salah satu persoalan tersebut terjadi segeralah obati semoga persoalan tidak menyebar dan menggangu kesehatan kuku anda.

Anda dapat membeli obat ke apotik atau secara pribadi berkonsultasi dengan dokter terkait, semoga persoalan yang terjadi pada kuku cepat teratasi dan kesehatan kuku anda kembali normal.

Lakukan perawatan alami terhadap kuku

Untuk membantu merawat kuku semoga tumbuh lebih cepat sehat dan kuat anda juga dapat melaksanakan perawatan alami sendiri dirumah, menyerupai dengan mengoleskan olive oil untuk membantu melembabkan kuku, mengoleskan bawang putih untuk mengusir kuman dan basil pada kuku, serta menggosokkan jeruk nipis atau lemon untuk memutihkan dan mencerahkan kuku.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Kuku yang Baik dan Benar"

Post a Comment