Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Secara Alami dan Permanen ( Dijamin Ampuh ) !

Cara

Anda pernah merasa mual, sakit perut, atau muntah-muntah dikala sedang dalam perjalanan, bila anda pernah mengalaminya berarti anda yaitu orang yang mudah terserang mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan atau motion sickness adalah kondisi umum yang sering dialami oleh orang-orang yang sedang melaksanakan perjalanan, terutama bagi anda yang sedang bepergian menggunakan alat transportasi menyerupai bus, mobil, kapal, pesawat atau kereta api.

Gejala mabuk perjalanan

Secara umum gejala timbulnya mabuk perjalanan ini ditandai dengan munculnya rasa tidak nyaman dari dalam perut, nafas menjadi sedikit sesak, udara terasa panas, berkeringat, pusing, mual, muntah dan sakit kepala.

Beberapa orang juga mengaku pernah mengalami sensai melayang dan badan terasa berat ketika sedang mengalami mabuk perjalanan didalam kendaraan.

Penyebab mabuk perjalanan

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa saya mengalami mabuk dalam perjalanan ?, padahal sebelum anda bepergian, anda merasa baik-baik saja, bahkan mungkin sebelumnya anda telah memeriksakan kesehatan terlebih dahulu dan dokter menyatakan bahwa anda baik-baik saja. Namun ketika anda bepergian menggunakan kendaraan dilema mabuk perjalanan ini tiba-tiba anda alami. 

Penyebab mabuk kendaraan ini memang cenderung tidak disadari oleh penderitanya, secara umum, mabuk kendaraan disebabkan oleh terganggunya sinyal yang dikirim ke otak oleh sistem penginderaan keseimbangan (mata, pendengaran adegan dalam, saraf sensorik) sehingga menyebabkan respon campuran yang berbeda-beda yang diterjemahkan oleh otak anda.

Contohnya begini : misalkan anda sedang berada di dalam kabin sebuah kapal yang bergerak, pendengaran adegan dalam anda mungkin mencicipi gerak ombak, tetapi mata anda tidak melihat adanya gerakan, konflik antara indra inilah yang kemudian menyebabkan anda mengalami mabuk perjalanan.

Contoh lainnya : Misalkan anda sedang berada didalam sebuah bus, mata anda melihat jalanan atau pepohonan yang bergerak melintasi anda namun dilain sisi saraf sensorik anda mencicipi bahwa badan anda tidak bergerak sama sekali. Hal inilah yang kemudian menyebabkan konflik rangsangan ke otak sehingga membuat anda mual, pusing, sakit kepala dan hasilnya mengalami mabuk perjalanan.

Intinya begini, mata anda melihat gerak atau pendengaran dalam anda mencicipi gerak, tapi badan anda tidak merasakannya maka hal inilah yang kemudian dapat menyebabkan mabuk, dalam kasus ini dapat terjadi ketika anda sedang berada didalam kendaraan apa saja menyerupai mobil, bus, kereta, pesawat atau kapal.

Cara menghilangkan mabuk secara alami

Jika anda sedang mengalami dilema mabuk kendaraan, anda jangan panik, karena bila anda panik, hal tersebut malah akan memperparah kondisi anda. Tetap sikapi dengan tenang, dan lakukan usaha menyerupai dibawah ini, biar mabuk kendaraan yang anda alami berangsur-angsur sembuh sehingga anda dapat melanjutkan perjalanan lagi.
  • Bernafas yang dalam dan perlahan-lahan.
  • Tidur berbaring sambil menutup mata selama perjalanan, usahakan kepala anda menghadap keatas dan tidak goyang.
  • Jika anda didalam kendaraan beroda empat atau bus, buka sedikit jendela anda untuk menerima udara segar.
  • Jika anda sedang berada didalam kapal, naik saja keatas dek kapal untuk melihat pemandangan dan mencari udara segar.
  • Jika anda sedang berada didalam kereta, pesawat atau kapal, cobalah sedikit berjalan-jalan untuk mengalihkan perhatian anda dari rasa mabuk yang sedang anda alami.
  • Jika saran diatas masih belum ampuh untuk menghilangkan rasa mabuk anda, cobalah untuk mengkonsumsi roti soda kering beberapa potong atau minum minuman yang tajam menyerupai minuman bersoda, jahe, teh. Solusi lainnya ada juga dapat menghirup aromaterapi menyerupai lavender, lemon, peppermint dan cendana.

Cara mencegah mabuk secara alami

Mabuk perjalanan ini memang merupakan momok tersendiri bagi sebagian orang yang akan melaksanakan perjalanan, daripada anda takut dan resah ketika sudah terlanjur mengalaminya, lebih baik sebelum anda memulai perjalanan, persiapkan terlebih dahulu diri anda biar tidak mengalami mabuk ketika sedang dalam perjalanan.

Beberapa kiat dibawah ini dapat anda lakukan untuk membantu mencegah timbulnya dilema mabuk ketika sedang dalam perjalanan :
  • Jika anda bepergian menggunakan bus atau mobil, usahakan untuk memilih daerah duduk paling depan. Menurut University of  Maryland Medical Center, "mabuk datang dikala tubuh, pendengaran adegan dalam, dan mata mengirimkan sinyal yang bertentangan ke otak." Jika anda memusatkan mata pribadi di depan anda dan melihat pribadi ke cakrawala, anda mampu menipu otak anda biar percaya bahwa anda tidak bergerak.
  • Selain memilih daerah duduk paling depan, anda juga dapat memilih daerah duduk yang tidak terlalu banyak menyebabkan gerakan, atau pilihlah daerah duduk yang paling tenang. Bagian tengah pesawat terbang di atas sayap yaitu area paling hening dari sebuah pesawat terbang. Di kapal, mereka yang berada di kabin tingkat rendah di akrab sentra kapal umumnya mengalami gerak lebih sedikit daripada penumpang di kabin yang lebih tinggi atau luar.
  • Jangan melihat arah yang berlawanan dari gerak kendaraan anda.
  • Cobalah mengkonsumsi jahe 1 jam sebelum melaksanakan perjalanan, hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya rasa mual pada perut, dan membantu pencernaan menjadi lebih lancar.
  • Jangan biarkan perut anda kosong sebelum melaksanakan perjalan, namun jangan juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan ketika akan melaksanakan perjalanan, terutama hindari makanan yang berpotensi menggangu pencernaan anda, menyerupai makanan yang pedas, makanan yang berminyak, atau makanan yang berlemak, karena hal ini malah berpotensi menyebabkan gejala mabuk perjalanan menyerupai sakit perut dan mual.
  • Ketika akan melaksanakan perjalanan, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang berserat, menyerupai sayuran dan buah-buahan, jangan lupa persiapkan camilan sehat dan air mineral untuk anda konsumsi ketika dalam perjalanan.
  • Jika anda yaitu orang yang sering mengalami mabuk dalam perjalanan, ketika sedang dalam perjalanan usahakan jangan memikirkan wacana mabuk sama sekali, karena hal ini dapat memicu kebiasaan anda untuk muncul kembali. Duduk rileks saja, atau tidur sambil mendengarkan musik.
  • Dan terkahir hindari merokok atau minum minuman beralkohol ketika sedang melaksanakan perjalanan. Banyak yang menggap merokok atau minum minuman beralkohol dapat memperlihatkan rasa hening dalam perjalanan. Namun hal itu tidaklah benar, karena minum minuman beralkohol dan merokok hanya menstimulasi otak anda saja tidak dengan badan anda. Hal ini malah akan memicu rasa mual, pusing dan muntah.
Baiklah itulah tadi beberapa cara mengatasi mabuk perjalanan yang dapat anda terapkan sendiri. Agar anda dapat benar-benar terhindar dari dilema mabuk perjalanan secara permanen, usahakan untuk selalu menguatkan diri anda sendiri bahwa anda tidak akan mabuk ketika sedang melaksanakan perjalanan, anda juga harus ingat bahwa di final perjalanan yang anda lalui ada senyum-senyum cantik yang sedang menanti kedatangan anda. So buat apa takut dengan mabuk perjalanan bila semua itu dapat terbayarkan lunas dengan bertemu orang-orang yang anda cintai. =D

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Secara Alami dan Permanen ( Dijamin Ampuh ) !"

Post a Comment