Manfaat, Cara dan Variasi Push Up

Push

Push up ialah salah satu jenis latihan olahraga yang dikhususkan untuk melatih kekuatan dan ketahanan tubuh. Latihan olahraga ini sangat digemari sekali oleh orang - orang pada ketika ini. Karena selain dapat menunjukkan manfaat yang banyak sekali terhadap tubuh, push up juga sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Manfaat push up

Jika anda ingin menerima manfaat maksimal dari suatu jenis latihan olahraga, push up ini mampu anda jadikan pilihan utamanya. Berikut dibawah ini beberapa manfaat yang akan anda peroleh, kalau anda melaksanakan push up secara rutin setiap hari :
  • Membentuk otot dada
  • Membentuk otot tubuh
  • Menghilangkan obesitas
  • Menghilangkan lemak di tubuh
  • Menurunkan resiko untuk cedera
  • Mencegah nyeri leher
  • Mencegah nyeri pundak
  • Mencegah nyeri punggung bawah
  • Memperbaiki postur tubuh
  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Meningkatkan kadar testosteron
  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
  • Mengurangi pembangunan osteoporosis 
Setelah mengetahui banyak sekali manfaat dari push up, lalu bagaimana cara melaksanakan push up yang baik dan benar.

Cara melaksanakan push up yang baik dan benar

Cara melaksanakan push up yang baik dan benar sangat penting sekali anda ketahui, apalagi kalau anda masih pemula. Karena dengan mengetahui cara melaksanakan push up yang baik dan benar, dapat membantu kita untuk meminimalisir kesalahan - kesalahan yang terjadi dan mengoptimalkan manfaat dari push up yang akan kita dapat.

Cara melaksanakan push up sesungguhnya sangat mudah sekali, dengan hanya melihatnya saja pasti anda sudah mampu melakukannya.

Berikut dibawah ini beberapa cara melaksanakan push up yang baik dan benar :
  • Posisikan badan anda menyentuh lantai, gunakan ujung kaki dan telapak tangan untuk bertumpu. 
  • Ketika sudah berada diposisi push up, pastikan pandangan anda melihat kedepan. Ini akan membantu meluruskan badan episode atas anda.
  • Telapak tangan harus berada dibawah pundak anda. Banyak orang yang pertama kali melaksanakan push up, mereka cenderung meletakkan telapak tangan didepan pundak mereka, hal ini merupakan posisi push up yang salah, sebab dapat membuat anda mudah lelah dan membuat pergelangan tangan anda mudah stress.
  • Ketika anda memulai gerakan push up, pastikan badan anda berada pada posisi sejajar 1 baris. Usahakan bokong tidak mencuat diudara atau berada dibawah garis atas badan anda.
  • Ketika anda melaksanakan gerakan push up pastikan juga untuk menjaga posisi badan supaya tetap stabil. Satu-satunya gerakan hanyalah mengangkat dan menurunkan badan anda menggunakan kekuatan lengan. Beberapa orang sering melaksanakan gerakan mengayunkan kepala ketika melaksanakan push up. Ini merupakan gerakan yang salah, sebab dapat membuat leher anda menjadi sakit dan lelah. 
  • Jika anda masih kurang paham dalam melaksanakan push up, silahkan anda lihat pada gambar dibawah ini :
Push


Push

Variasi push up

Diatas ialah petunjuk push up secara umum, namun kalau anda masih pemula dalam melaksanakan push up, atau anda malah gres pertama kali dalam melaksanakan push up, sangat direkomendasikan sekali bagi anda untuk mencoba terlebih dahulu variasi push up, mulai dari cara push up yang termudah hingga cara push up yang tersulit. Berikut dibawah ini beberapa variasi push up yang dapat anda coba terapkan.

1. Push up dinding

Ini merupakan salah satu variasi push up yang sangat mudah sekali, anda cukup berdiri berhadapan dengan dinding dengan sudut 45 derajat dan melaksanakan push up. Maju hingga ujung hidung menyentuh dinding, kemudian dorong kembali ke posisi awal. Begitu seterusnya hingga 8 - 10 pengulangan kemudian gres masuk ke variasi push up selanjutnya.

Push

2. Push up kursi

Jika anda merasa variasi push up dinding terlalu mudah bagi anda, variasi push up dengan bangku ini mampu menjadi tantangan anda selanjutnya. Cukup dengan meletakkan bangku dihadapan anda, tempatkan tangan anda diatasnya, luruskan punggung anda dengan ujung kaki sebagai penyangga. Lalu turunkan badan anda hingga dada anda relatif erat dengan kursi, kemudian dorong kembali badan anda ke posisi semula. Lakukan kurang lebih hingga 8 - 10 pengulangan kemudian masuk ke variasi push up yang selanjutnya.

Push

3. Push up lutut

Push up ini ibarat dengan push up pada umumnya, namun badan tidak bertumpu pada ujung jari - jari kaki. Karena sering disebut dengan push up lutut sehingga sebagai rujukan utamanya ialah episode lutut anda. dengan menggunakan rujukan pada lutut dapat membantu mengurangi beban yang harus anda terima ketika melaksanakan push up. Lakukan push up ini kurang lebih 8 - 10 kali kemudian anda dapat masuk ke variasi push up selanjutnya.

Push

4. Push up mengangkang

Ini merupakan variasi push up yang super erat dengan standar push up pada umumnya, namun cenderung lebih mudah untuk melakukannya. Pada variasi push up ini kita menggunakan ujung kaki sebagai tumpuannya namun posisi kaki lebih terbuka sehingga beban badan akan sedikit terkurangi. Lakukan push up ini hingga 8 - 10 kali kemudian barulah kita akan masuk ke variasia push selanjutnya.

Push

5. Push up umum

Setelah melewati beberapa variasi push up ibarat diatas, kesannya sampailah kita pada standar push up pada umumnya. Untuk petunjuk melakukannya juga sudah saya sertakan diawal artikel, sehingga anda mampu eksklusif mencobanya.

Jika anda telah mencoba beberapa variasi push up ibarat diatas, saya kira anda tidak begitu kesulitan dalam melaksanakan push up umum ini. Namun kalau anda eksklusif melaksanakan push up umum tanpa mencoba variasi push up terlebih dahulu, usahakan untuk melakukannya secara terencana dan perlahan, jangan memaksakan kekuatan badan anda. Anda dapat melakukannya 5 kali dalam sehari kemudian menambahkannya menjadi 8 - 12 - hingga 15 kali dalam sehari secara bertahap.

Push


Push


Bagaimana sahabat - teman, mudah sekali bukan untuk melaksanakan push up tersebut, kalau anda sudah paham betul dalam melaksanakan push up dan anda sudah sering melakukannya, anda dapat mencoba melaksanakan tantangan push up selama 30 hari untuk membentuk otot dada dan badan ibarat yang dilakukan oleh para youtuber dalam videonya.

Tantangan push up 30 hari untuk membentuk otot dada dan tubuh

Ini merupakan tantangan khusus bagi anda yang benar - benar master dalam melaksanakan push up. Dalam video ini para youtuber melaksanakan tantangan push up selama 30 hari dengan variasi dan jumlah push up secara berkala.

Tantangan push up ini sungguh luar biasa sekali menurut saya, sebab pada awalnya badan youtuber tersebut masih kurus, namun setelah melaksanakan tantangan push up selama 30 hari, badan youtuber tersebut menjadi terbentuk ibarat superman. Luar biasa sekali bukan ?.

Jika anda penasaran ibarat apa tantangan 30 hari membentuk otot dada dan badan tersebut, silahkan anda tonton videonya dibawah ini.



Itulah tadi beberapa manfaat dan cara melaksanakan push up yang baik dan benar. Untuk menerima manfaat maksimal dari push up ini, usahakan untuk melaksanakan latihan secara rutin setiap hari ya.

Thanks for the reference :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat, Cara dan Variasi Push Up"

Post a Comment