11 Cara Menghilangkan Ngantuk Berat Saat Bekerja, Belajar Atau Beraktifitas

Cara

Rasa ngantuk merupakan hasrat alami yang timbul dari dalam diri seseorang, ini merupakan hal wajar yang sering dialami orang-orang pada umumnya.

Namun kalau rasa ngantuk datang di waktu yang tidak tepat, tentu saja hal ini sangat merepotkan sekali bukan ?, contohnya saja ketika kita sedang bekerja, belajar, atau melaksanakan aktifitas penting lainnya.

Jika hal tersebut sedang anda alami, anda jangan panik, berikut dibawah ini ialah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk ketika bekerja, berguru atau ketika anda melaksanakan aktifitas penting lainnya :

1. Minum kopi

Cara yang paling praktis untuk menghilangkan rasa ngantuk yang datang tiba-tiba ialah dengan mengkonsumsi minuman kopi. Kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan ampuh untuk membuat mata tetap terjaga. Jika anda ngantuk pada ketika jam-jam penting, coba anda buat secangkir kopi lalu meminumnya.

2. Cuci muka

Yap, basuh muka merupakan solusi mudah yang dapat anda lakukan kalau anda sedang mengalami ngantuk pada ketika bekerja atau belajar. Cuci muka dapat membantu menstimulasi mata untuk tetap waspada dan kembali terjaga. Namun biasanya efek menghilangnya ngantuk dengan basuh muka ini tidak lah berlangsung lama. Setelah basuh muka coba anda pergi ke dapur dan membuat secangkir kopi.

3. Olahraga ringan

Ngantuk yang timbul ketika bekerja atau berguru biasanya disebabkan oleh rasa bosan dan kurang fokus yang kita alami. Nah, untuk mengalihkannya coba anda lakukan olahraga ringan, menyerupai jalan ditempat, push up, sit up, atau pull up.

4. Jalan - jalan keluar sebentar

Rasa bosan dan kurang fokus yang menimbulkan ngantuk ketika anda sedang bekerja atau berguru juga mampu anda hilangkan dengan jalan-jalan keluar sebentar. Coba tinggalkan ruangan kerja anda sebentar, mampu ke WC, ke kantin, atau beli pulsa ke konter sebelah. Intinya alihkan fokus anda.

5. Ajak ngobrol orang lain

Ngobrol - ngobrol kalem sambil bercanda juga dapat anda lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk yang tak tertahankan, ketika anda ngantuk ketika bekerja atau belajar, coba ajak ngobrol sahabat disebelah mu, mampu ngobrol ihwal bola, film atau gosip-gosip yang sedang hangat pada ketika ini. Di jamin rasa ngantuk mu akan hilang dan anda pun dapat beraktifitas normal kembali.

6. Duduk tegap tanpa sandaran

Jika anda sedang bekerja atau belajar, cobalah untuk duduk tanpa bersandar. Duduk tanpa bersandar dapat membuat pikiran mu tetap fokus dan badan tubuh mu menjadi lebih siap. Berbeda hal nya kalau anda duduk dengan posisi bersandar. Hal ini malah akan membuat badan mu nyaman dan kesannya rasa ngantuk pun melanda. 

7. Pijat lembut pelipis anda

Kurang fokus dan penat ketika bekerja memang hal wajar yang sering kita rasakan, namun kalau hal ini terus anda biarkan, maka badan akan kehilangan stamina dan rasa ngantuk pun akan menyerang.

Tips untuk mengatasinya, coba anda pijat lembut pelipis mata anda searah dengan alis mata, maka rasa ngantuk pun perlahan-lahan akan menghilang.

8. Berdiri dan tarik nafas dalam-dalam

Rasa ngantuk juga dapat timbul akhir kurang nya oksigen mengalir ke otak. Jika ngantuk mulai menyerang, cobalah beranjak sebentar dari bangku anda, lalu bangun dan mengambil nafas dalam-dalam sebanyak 3 kali. Maka di jamin rasa ngantuk pun akan hilang dan anda akan dapat fokus kembali.

9. Oleskan minyak aroma terapi di hidung dan pelipis anda

Untuk mengembalikan fokus semoga tidak ngantuk juga dapat anda lakukan dengan mengoleskan minyak aromaterapi pada adegan hidung dan pelipis anda. Minyak aromaterapi dapat memperlihatkan sensasi segar dan aroma yang menyenangkan sehingga fokus anda dapat kembali dan rasa ngantuk pun akan hilang.

10. Makan permen mint sambil mendengarkan musik

Kehilangan fokus dan semangat dapat menimbulkan rasa ngantuk datang, semoga fokus dan semangat mu tetap terjaga, coba anda konsumsi permen mint sambil mendengarkan musik ketika anda sedang bekerja atau belajar. Ini merupakan cara mencegah dan mengatasi ngantuk yang paling ampuh.

11. Minum air yang cukup

Dehidrasi dapat membuat badan mu menjadi lemas, fokus mu menjadi memudar dan kesannya rasa ngantuk pun menyerang.

Oleh karena itulah penuhi asupan air yang cukup untuk badan anda, minimal 2 liter setiap harinya. Jika konsumsi air harian anda terpenuhi, badan mu akan menjadi lebih fresh dan rasa ngantuk pun akan menghilang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Cara Menghilangkan Ngantuk Berat Saat Bekerja, Belajar Atau Beraktifitas"

Post a Comment